Berakhir Pekan dan Melapas Penat di Ciwidey Kabupaten Bandung

oleh -
Foto: @syuhadamarzini

BANDUNGMU.COM – Bicara tentang Bandung, mungkin Anda teringat dengan Jalan Dago dan Riau, tempat factory outlet berjejer untuk memenuhi hasrat berbelanja. Atau Setiabudi dan Lembang, di mana Anda bisa duduk santai sambil mengunyah jagung bakar dan teh manis panas.

Namun, cobalah bertolak ke wilayah Selatan. Daerah ini menyimpan sejuta pesona untuk Anda jelajahi.

Bagaimana jika Anda memulainya dari Kecamatan Ciwidey? Wilayah ini punya berbagai objek wisata, salah satunya adalah perkebunan teh Rancabali. Mata Anda akan dimanjakan oleh hijaunya perkebunan teh.

Jangan kira daerah berhawa dingin di Bandung hanya identik dengan Lembang. Di Bandung Selatan, kawasan Ciwidey, hadir dengan berbagai objek wisata mulai dari kebun teh sampai pemandian air panas. Sangat cocok untuk melepas penat di akhir pekan.

Udara yang sejuk akan memenuhi paru-paru, dan masyarakat yang ramah akan menyapa Anda dengan hangat. Di sini, Anda bisa melakukan Tea Walk dengan berjalan di areal kebun teh. Anda juga bisa mengunjungi pabriknya langsung untuk melihat proses pembuatan teh lokal.

Setelah melakukan wisata kebun teh, Anda bisa langsung melakukan Strawberry Walk. Terdapat beberapa “kebun stroberi petik sendiri” yang bisa Anda datangi.

Anda akan memasuki kebun stroberi, memetik sendiri, lalu hasilnya akan ditimbang dan langsung dibawa pulang. Anda juga bisa meminta dibuatkan jus dari stroberi hasil petikan itu.

Berkunjung ke Ciwidey tidak lengkap apabila belum mengunjungi Kawah Putih. Objek wisata ini terkenal dengan panoramanya yang indah, sekaligus salah satu kawah dengan kadar asam belerang paling tinggi di dunia. Kawah yang asalnya berwarna putih bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerangnya.

Istirahatkan diri Anda di kolam pemandian air panas Cimanggu dan Ciwalini. Di Cimanggu, terdapat fasilitas parkir yang luas serta taman bermain khusus anak-anak.

Namun jika Anda ingin berendam di kolam air panas yang letaknya di tengah-tengah kebun teh, datanglah ke Ciwalini. Kolamnya berada persis di tengah kebun teh Walini yang hijau nan sejuk.

Terdapat banyak penginapan di sepanjang jalanan Ciwidey. Namun jika Anda ingin berpetualang bersama keluarga dan kerabat, tidak ada salahnya melakukan kamping di Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Letaknya tidak jauh dari pintu masuk Kawah Putih. Selain adanya penangkaran rusa, bumi perkemahan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas kamping. Kamar mandi, musala, hingga air mengalir tersedia di sini.

Pulang ke ibu kota tidak lengkap rasanya apabila belum membeli buah tangan. Di Desa Rawabogo, Anda bisa membeli berbagai olahan terong belanda khas lokal. Mulai dari dodol, selai, hingga pudding. Selain itu, ada juga berbagai kerajinan tangan, kerupuk, permen, hingga makanan unik seperti sambal stroberi.

Kalau mengaku pencinta kopi, sempatkan diri Anda berkunjung ke Desa Lebakmuncang. Di sini, Anda bisa menyaksikan proses produksi kopi luwak yang terkenal di dunia itu.

Biji kopinya berasal dari kotoran luwak yang terfermentasi secara alami, menghasilkan kopi paling nikmat di seluruh dunia. Biji kopi jenis ini terbilang langka dan harganya pun relatif mahal. Namun, Anda bisa membeli bubuk kopi ini dari petani lokal dengan harga Rp 100 ribu per onsnya.

Bagaimana, Anda tertarik untuk berlibur ke Ciwidey, Kabupaten Bandung, yang lokasi wisata dan udaranya menyejukan itu? Bersiaplah liburan kalau PPKM sudah dilonggarkan pemerintah ya! (TravelDetik.com).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *