UMBandung
News

Dukung Pembiayaan Pelaku Usaha, Prodi Eksyar UM Bandung dan MES Jabar Gelar Business Matching FUND 2023

×

Dukung Pembiayaan Pelaku Usaha, Prodi Eksyar UM Bandung dan MES Jabar Gelar Business Matching FUND 2023

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Dalam rangka mendukung pembiayaan para pelaku usaha, Prodi Ekonomi Syariah (Eksyar) UM Bandung bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jabar menggelar Business Matching FUND 2023 pada Senin (19/12/2023).

Berlokasi di lantai dua Gedung UM Bandung, hadir dalam acara ini Ketua Prodi Eksyar UM Bandung, Ketua MES Jabar, mahasiswa, dan tamu undangan lainnya.

Hadir pula puluhan pemilik UMKM dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum. Ketua pelaksana Yudi Haryadi SE MM menjelaskan bahwa acara ini menjadi ajang pertemuan bagi para wirausahawan dengan para mitra pembiayaan.

Baca Juga:  Buka Lowongan Kerja untuk Petani, Ridwan Kamil: Lahan sampai Bibit Dikasih

”Kami mengutamakan para peserta dari mahasiswa yang memiliki usaha minimal dua tahun berjalan dan masyarakat umum,” ucap Yudi.

Ia menjelaskan, kegiatan ini menjadi program kerja dari MES Jabar terkait pembiayaan bagi para pengusaha dari lembaga keuangan mikro.

”Kegiatan ini juga menjadi program kerja dari Prodi Eksyar dalam menjalankan salah satu catur dharma yakni pengabdian kepada masyarakat oleh sivitas akademika,” lanjut Yudi.

Yudi menegaskan, Prodi Eksyar UM Bandung beserta MES Jabar akan mendukung penuh para wirausahawan dalam mendapatkan modal usaha dan meningkatkan kapasitas bisnis.

Baca Juga:  Mahasiswa Bioteknologi UM Bandung Gelar Diskusi Terbuka Menuju Kampus Sehat Tanpa Asap Rokok

”Semoga kegiatan ini akan berlanjut seterusnya dengan menggerakkan semua pentahelix, baik dari akademisi, pelaku UMKM, perbankan, maupun media,” kata Yudi yang juga dosen Fakultas Agama Islam UM Bandung ini.

Pada kegiatan ini para peserta melakukan presentasi produk usahanya kepada para mitra pembiayaan. Hasil dari persentarsi para pelaku usaha tersebut menjadi penentu dalam mendapatkan modal dari mitra pembiayaan.

Mengelola keuangan

Salah satu juri sekaligus Credit Reviewer Kantor Pusat BMT Syariah ITQAN Abdur Rohim mengapresiasi dan sangat takjub dengan antusiasme para peserta.

Baca Juga:  Dukung World Class University, Mahasiswa KPI UIN Bandung Ikuti Program Student Mobility ke Malaysia

Ia menjelaskan bahwa tidak cukup hanya mendapatkan modal, para wirausahawan juga harus bisa memahami cara mengelola keuangan suatu usaha dengan baik.

”Para pelaku usaha harus bisa memahami literasi keuangan mulai dari pengelolaannya hingga cash in dan cash out-nya dengan baik,” ungkap Abdur.

Tidak hanya pengelolaan keuangan, para pelaku usaha perlu memahami target konsumen dalam mempromosikan usahanya.

”Kita harus tahu segmentasi produknya ke mana agar kita paham dan tahu untuk rencana selanjutnya itu harus seperti apa,” tandas Abdur.***(FK)

PMB UM Bandung