UMBandung
News

Top! Mahasiswa Administrasi Publik UM Bandung Raih Empat Medali di FORNAS VII Jawa Barat

×

Top! Mahasiswa Administrasi Publik UM Bandung Raih Empat Medali di FORNAS VII Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi Promosi dan PMB Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung — Mahasiswa Prodi Administrasi Publik UM Bandung Sindy Oktaviani sukses meraih empat medali pada kejuaraan panahan tradisional dalam Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORNAS) VII Jawa Barat 2023.

Kegiatan dilaksanakan di Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, dari 02-09 Juli 2023 dan diikuti oleh berbagai kategori, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga dewasa.

Acara yang bersifat nasional ini diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI). Sebelum menyabet prestasi dalam event ini, Sindy melalui berbagai tahapan seleksi, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.

”Kebetulan aku mengambil kategori dewasa dengan dua busur yakni busur horsebow dan busur jamparingan,” ucap Sindy di kampus UM Bandung pada Selasa (16/01/2024).

Baca Juga:  Hak Paten Dosen dan Mahasiswa di PTKIN Terus Digenjot

Dalam FORNASI VII pada perlombaan panahan tradisional, perempuan yang hobi panahan sejak SMP ini menjadi perwakilan Jawa Barat.

”Alhamdulillah aku mendapat beberapa penghargaan. Di antaranya medali emas kualifikasi jamparing putri, emas kualifikasi umum putri, perak eliminasi jamparing putri, dan perunggu eliminasi umum putri,” terang perempuan asal Kabupaten Bandung ini.

Berkat prestasi ini pula dirinya mendapatkan apresiasi terutama dari keluarga, orang-orang terdekat, dan juga kampus.

”Ketika aku memilih terjun ke panahan, awalnya keluarga menganggap sepele dan tidak mendukung. Namun, berkat kerja keras dan latihan tiada henti, akhirnya keluarga memberikan dukungan luar biasa,” kata Sindy.

Baca Juga:  Steviana Tea Karya Mahasiswa UM Bandung Raih Juara II Nasional Kompetisi Studentpreneur Bootcamp MCEBI PTMA

Penghargaan

Ia mengatakan perlu adanya pola latihan yang baik agar bisa meraih prestasi saat mengikuti suatu perlombaan. Khususnya lomba panahan karena olahraga ini menuntut fokus tinggi.

Sindy tidak merasa terbebani dengan mulai padatnya kegiatan kuliah. Baik kuliah maupun latihan atau mengikuti event, sama pentingnya bagi Sindy.

“Aku tinggal membagi waktu saja. Kapan harus kuliah, kapan latihan, tanding, dan sebagainya, insyaallah semua berjalan dengan baik,” ujar Sindy.

Sindy pun berbagai tips agar tetap konsisten dalam satu bidang olahraga. Kata Sindy, tips tersebut adalah motivasi, kerja keras, dan doa.

Baca Juga:  Sangat Disayangkan! Indonesia Mundur dari All England Karena Protokol Kesehatan

”Ketika satu tujuan belum tercapai, bagiku itu adalah utang yang harus aku tuntaskan. Saat satu hal sudah tercapai, aku beralih kepada target-target yang lainya,” tukas Sindy.

Terakhir, Sindy berpesan agar tidak lupa istirahat dan tidak memaksakan saat sedang mencapai target yang diinginkan.

”Jadi, ketika kita capek istirahat saja. Jangan dipaksakan. Tidak apa-apa berhenti sejenak. Nanti bisa dilanjutkan lagi,” pungkas Sindy.***(FK)

PMB UM Bandung