Traveliana

Wajib Dicoba! Inilah Beberapa Rekomendasi Rumah Makan Sunda di Bandung yang Murah dan Enak

×

Wajib Dicoba! Inilah Beberapa Rekomendasi Rumah Makan Sunda di Bandung yang Murah dan Enak

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi makanan khas Sunda. Foto: Travel.dream.co.id.

BANDUNGMU.COM – Jika kamu pernah mencicipi makanan khas Sunda, pasti tahu deh ciri khas makanan tersebut, seperti pedasnya yang khas, sayurannya yang segar, serta penyajiannya yang dilakukan dengan sederhana.

Nah, kalau kamu sedang jalan-jalan ke Bandung, tidak lengkap rasanya kalau belum makan makanan khas Sunda yang tersaji di rumah-rumah makan di Kota Kembang. Makan bersama keluarga di rumah makan Sunda berikut terbilang aman untuk isi dompet.

Penasaran di mana sajakah rumah-rumah makan khas Sunda yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Bandung? Berikut ulasannya yang dikutip dari IDN Times.

1. Rumah Makan Kampoeng Sawah

Kampoeng Sawah menyediakan tempat makan bernuansa rumah tradisional yang dilengkapi kolam renang. Usai renang, kamu bisa makan makanan Sunda sepuasnya.

Ikan mas cobek, bakakak ayam goreng, pencok leunca, ulukutek leunca, hingga oseng balakutak jadi menu andalannya . Buat minumannya, kamu bisa memesan aneka jus, bandrek, dan kopi.

Lokasi: Jalan Gandasari Nomor 152, Desa Cangkuang, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 08.00-21.00 WIB. Harga: Rp5.000-Rp80.000.

2. Rumah Makan Cikawao

Rumah makan satu ini cukup sederhana, tapi rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Kamu bisa menikmati nasi merah, timbel, ayam kampung, asin jambal, ikan mas, oncom, tumis genjer, ulukuteuk leunca, hingga picung. Untuk minumannya, ada aneka jus, es teh, es jeruk, dan kopi.

Baca Juga:  Akan Dibangun Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia, Pariwisata Jabar Siap Bangkit!

Lokasi: Jalan Cikawao Nomor 7, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 10.00-18.00 WIB. Harga: Rp20.000-Rp50.000.

3. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Tempat makan yang dilengkapi dengan taman kecil dan kolam ikan ini terasa sangat nyaman. Kamu bisa memilih makan di gazebo kecil di tengah kolam ikan. Nah, ada beberapa menu makanan khas Sunda yang bisa kamu cicipi, antara lain nasi merah timbel, tutug oncom, tumis genjer, ayam bambu, bakakak goreng, hingga jambal goreng. Ada aneka jus, kopi, es goyobod, dan es cincau untuk menyegarkan tenggorokanmu.

Lokasi: Jalan Soekarno-Hatta Nomor 508, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 07.00-22.00 WIB. Harga: Rp8.500-Rp90.000.

4. Rumah Makan Manjabal

Rumah Makan Manjabal didesain supaya kita bisa memilih duduk di kursi atau lesehan. Desainnya yang sederhana justru bikin kamu merasa sedang makan di rumah sendiri. Untuk makanannya, kamu bisa memesan nasi timbel, tutug oncom, gurami, bebek kewod, pencok leunca, dan mendoan. Untuk minumannya, ada kelapa muda gula aren, soda gembira, aneka jus, dan kopi.

Lokasi: Jalan Soekarno-Hatta Nomor 88, Soekarno Hatta, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 09.00-21.00 WIB. Harga: Rp3.000-Rp100.000.

Baca Juga:  Viaduct, Jalan Legendaris di Bandung yang Menjadi Saksi Kisah Cinta Soekarno

5. Rumah Makan Boemi Mitoha

Nuansa Boemi Mitoha didesain sangat homey yang dilengkapi ornamen lampu di bagian depannya. Hal ini semakin menambah kesan makan di rumah sendiri bareng keluarga. Menu makanan andalannya  terdiri dari gurami dawegan, kiciwis, karedok, hingga lotek. Untuk minumannya, ada kopi, aneka jus, dan es teh.

Lokasi: Jalan Ciliwung Nomor 15, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 10.00-22.00 WIB. Harga: Rp2.500-Rp65.000.

6. Warung Nasi Ampera

Warung Nasi Ampera memiliki belasan cabang yang tersebar di Bandung dan Jakarta. Tempatnya cukup luas, cocok banget buat makan bareng keluarga besar. Menu makanan khas tempat makan ini antara lain pepes peda, aromanis toros, kecimpiring, pepes asin jambal, hingga jengkol balado. Untuk minumannya, kamu bisa memilih aneka jus, es teh, es campur, dan sup buah.

Lokasi: Jalan P.H.H. Mustofa Nomor 31, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 09.00-22.00 WIB. Harga: Rp2.500-Rp30.000.

7. Rumah Makan Sindang Reret

Ada empat cabang Sindang Reret yang tersebar di Bandung. Didominasi ornamen kayu, suasana di sini terasa sangat nyaman. Bentuk rumah makannya pun sangat tradisional. Kamu bisa menikmati berbagai jenis olahan tumis, mie, nasi, dan sambal. Ada pula oseng ginseng, nasi liwet, timbel, sambal dadak, domas, hingga karedok. Menariknya, tempat ini punya banyak minuman khas Sunda, seperti layung katineung, patail janji, mojang priangan, hingga sangkuriang.

Baca Juga:  Nyusu, Yuk! Ini 4 Tempat Jual Susu Murni di Bandung, Bisa Buat Nongkrong

Lokasi: Jalan Surapati Nomor 53, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 07.00-22.00 WIB. Harga: Rp5.000-Rp85.000.

8. Rumah Makan Sangkan Hurip

Tempat yang sangat sederhana ini bikin kamu merasa seolah-olah jadi warga lokal. Semua tempat duduknya disediakan lesehan, sehingga bikin suasana jadi makin santai. Beberapa menu andalannya terdiri dari pepes jambal, karedok leunca, bakar peuteuy, goreng asin peda, dan lain-lain. Untuk minumannya, kamu bisa memesan es kelapa, susu, es campur, es teh manis, hingga bandrek.

Lokasi: Jalan Punclut Nomor 571, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 10.00-22.00 WIB. Harga: Rp5.000-Rp75.000.

9. Warung Nasi Bancakan

Warung Nasi Bancakan menyediakan tempat makan yang sangat luas. Cocok untuk datang rombongan. Ada nasi liwet, kare jaer, nalakutak, asin gabus, hingga aneka pepes yang bisa kamu nikmati. Nah, kamu bahkan bisa memesan paket menu yang dibanderol mulai dari Rp30-55 ribu. Lengkapi pula dengan es jeruk, bandrek, bajigur, dan aneka jus.

Lokasi: Jalan Trunojoyo Nomor 62, Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 10.00-22.00 WIB. Harga: Rp3.000-Rp55.000.