UMBandung
News

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung Raih Penghargaan Kompetisi Desain dan Video Tingkat Nasional

×

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung Raih Penghargaan Kompetisi Desain dan Video Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini
mahasiswa

BANDUNGMU.COM, Bandung — Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UM Bandung Nur Ahya Fhadila sukses meraih penghargaan dalam ”Kompetisi Desain Berbasis Canva Tingkat Nasional”.

Acara yang berlangsung secara daring ini diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada akhir Desember 2023 lalu.

Sebanyak 331 mahasiswa dari 24 perguruan tinggi negeri dan swasta ikut perlombaan ini.

Pada acara ini juga para peserta mendapatkan materi seputar pembuatan desain poster dan video selama beberapa hari secara online.

Baca Juga:  Mahasiswa HKI UM Bandung Raih Juara Tiga Olimpiade Ilmu Falak

”Jadi, para peserta dibagi dalam sepuluh kelas untuk pemberian materi secara online,” ucap Ahya di kampus UM Bandung pada Sabtu (06/01/2024).

Pembelajaran pembuatan video ataupun desain poster dilakukan dengan menggunakan platform canva.

”Banyak materi yang kita dapat selama empat hari, mulai dari digital painting, canvatar, hingga video animation ataupun video motion,” terang Ahya.

Dalam pembuatan video ataupun desain poster, para peserta bebas menentukan tema masing-masing.

”Kita dibebaskan berkreasi sesuka kita. Nah, kebetulan dari aku sendiri seputar promosi makanan,” kata mahasiswa angkatan 2020 ini.

Baca Juga:  Seperti Ini Persiapan Menulis dan Mengirimkan Naskah ke Jurnal Ilmiah

Video

Dalam bidang video, Ahya mendapatkan dua penghargaan yakni juara satu kategori motion video dan juara dua kategori video animasi.

”Kita membuat dua video. Video pertama itu video motion dan yang kedua adalah video animasi,” jelas Ahya.

Poster

Tidak hanya video, pada bidang poster, mahasiswa yang hobi fotografi ini mendapatkan penghargaan harapan satu kategori media promosi.

”Alhamdulilah dengan penghargaan ini aku jadi bersemangat lagi untuk belajar dan mengembangkan skill editing poster dan video,” harap Ahya.

Baca Juga:  Mahasiswa Prodi HKI UM Bandung Raih Prestasi di Ajang Musabaqah Hifzhul Hadis Nasional II Tahun 2024

Ahya juga berharap kegiatan ini bisa menjadi referensi baginya dalam mencari pengalaman lain dalam bidang profesi desainer dan editor.

”Semoga ini bisa jadi bekal bagi aku untuk bisa membuat bisnis yang berhubungan dengan pembuatan video ataupun poster,” pungkas perempuan asal Bandung ini.***(FK)

PMB UM Bandung