UMBandung
Edukasi

Gelar Seminar Kesejahteraan Psikologis Guru, PWA Jabar Komitmen Terhadap Pendidikan Yang Berkemajuan

×

Gelar Seminar Kesejahteraan Psikologis Guru, PWA Jabar Komitmen Terhadap Pendidikan Yang Berkemajuan

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi PWM Jabar.***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Majelis PAUD Dasmen Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) se-Jawa Barat sukses mengadakan seminar dengan tema “Membangun Kesejahteraan Psikologis Guru: Komitmen Aisyiyah Untuk Keberhasilan Pendidikan yang Berkemajuan”.

Kegiatan yang berlangsung hybrid ini dipusatkan di Aula Masjid Mujahidin, Jalan Sancang Nomor 6 Kota Bandung, pada Selasa (30/01/2024).

Seminar luring diikuti oleh perwakilan penyelenggara sekolah, perwakilan pendidik, dan undangan Pimpinan Daerah se-Bandung Raya sebanyak 82 orang.

Sementara itu, secara daring diikuti oleh penyelenggara sekolah, perwakilan pendidik, PDA se-Jawa Barat sebanyak 46 orang.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman mendalam mengenai isu kesejahteraan psikologis kepada para penyelenggara pendidikan serta pendidiknya sebagai bentuk komitmen Aisyiyah untuk keberhasilan pendidikan yang berkemajuan di Jawa Barat.

Baca Juga:  Anak Kampung Siap Melambung!

Acara dibuka langsung oleh Ketua PWA Jawa Barat Ia Kurniati. Ia Kurniati menyemangati sekolah Aisyiyah yang sudah berdiri lama ini semakin maju dalam dakwah pendidikannya.

Sejalan dengan itu, dalam sambutannya, Ketua Majelis PAUD Dasmen PWA Jawa Barat Nidaul Hidayah mengatakan bahwa seminar ini bagian dari program PAUD Dasmen Divisi Pendidikan dan Masyarakat serta Divisi SDM.

Yakni yang mendorong dakwah pendidikan guru-guru melalui pemberian pembekalan materi parenting, materi yang biasanya hanya terbatas untuk ortu siswa.

Baca Juga:  Muhammadiyah Pelopor Pendirian Pesantren yang Memadukan Ilmu Agama dan Ilmu Umum

Ketua Panitia Seminar Nani N Djamal dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seminar ini juga menjadi sarana untuk menjaring informasi mengenai tantangan para guru dalam mendidik perilaku siswa di sekolah.

“Dengan demikian, Divisi Pendidikan dan Masyarakat serta Divisi SDM memiliki gambaran untuk kegiatan bagi guru ataupun orang tua siswa selanjutnya menjadi lebih terarah, spesifik, dan memiliki skala prioritas sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Pada kegiatan ini, Majelis PAUD Dasmen PWA Jawa Barat berkolaborasi dengan Evermos untuk Program Pemberdayaan Perempuan dengan mengahdirkan pemateri Fainna Safitri (Psikolog dan Founder Adeena Psychology Center).

Baca Juga:  Terus Berinovasi, Mahasiswa dan Dosen UM Bandung Terima Sertifikat HKI

Fainna menyoroti pentingnya mengatasi tantangan yang dihadapi pendidik dalam menjaga kesehatan mental mereka.

Pasalnya, ada beban kerja yang menumpuk, perubahan perilaku siswa, tekanan kinerja kerja, dan kurangnya sumber daya pendukung dalam lingkungan belajar.

Dengan pemaparan kesehatan mental, diharapkan ke depannya guru dapat memahami bagaimana cara mengupayakan potensi diri yang dimiliki untuk menjaga kesehatan mental karena kesehatan mental guru akan berdampak pada kesehatan mental siswa.***

Seedbacklink