UMBandung
News

Inilah Sembilan Universitas Muhammadiyah Dengan Jumlah Guru Besar Terbanyak

×

Inilah Sembilan Universitas Muhammadiyah Dengan Jumlah Guru Besar Terbanyak

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM — Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) pada Sabtu (23/12) mengukuhkan empat guru besar perempuan. Dengan pengukuhan ini, guru besar di Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) menjadi 315 orang.

Hitungan jumlah guru besar di PTMA tersebut disampaikan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti di UMSU.

Jumlah guru besar sebanyak 315 itu tersebar tidak hanya PTMA di Jawa. Namun, juga di luar Jawa sebagai bentuk pemerataan.

Baca Juga:  UM Bandung Jadi Tuan Rumah Mukerwil dan Musywil XIV Nasyiatul Aisyiyah Jabar

Abdul Mu’ti yang juga Guru Besar Bidang Pendidikan Islam ini melakukan pemeringkatan sembilan PTMA dengan jumlah guru besar terbanyak sampai pada Sabtu 23 Desember 2023.

Pertama, ada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu sebanyak 55 guru besar.

Selanjutnya posisi kedua ada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berjumlah 38 orang. Kemudian posisi ketiga ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan 35 orang.

Disusul oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di posisi keempat dengan 22 orang. Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar di posisi kelima dengan 19 guru besar. Lalu Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) di posisi keenam dengan 19 guru besar.

Baca Juga:  Sri Mulyani: Pungutan Pajak untuk Pulsa, Token Listrik, dan Voucer Tidak Ada!

Posisi ketujuh ada UMSU dengan 15 guru besar. Selanjutnya ada Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dengan 12 guru besar. Kemudian ada Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya dengan 8 guru besar.

Kepada guru-guru besar di lingkungan PTMA, Abdul Mu’ti berpesan supaya bisa melaksanakan amanahnya di bidang akademik. Selain itu, juga melaksanakan amanah atau tanggung jawab sosial ke masyarakat.

Dalam agenda pengukuhan guru besar di UMSU ini, Mu’ti memberikan apresiasi yang tinggi. Sebab keempat guru besar yang dikukuhkan di UMSU semuanya perempuan, menjadi istimewa karena dilakukan berdekatan dengan Hari Ibu.***

PMB UM Bandung