UMBandung
News

Ketua PP Muhammadiyah: Dunia Alami Kerusakan, Tindakan Nyata Diperlukan Untuk Menyelamatkan Semesta

×

Ketua PP Muhammadiyah: Dunia Alami Kerusakan, Tindakan Nyata Diperlukan Untuk Menyelamatkan Semesta

Sebarkan artikel ini
Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM, Pematang Siantar — Muhammadiyah pada Milad yang ke-111 mengangkat tema “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta.” Tema itu diangkat karena Muhammadiyah memandang dunia saat ini tidak sedang baik-baik saja.

Kerusakan alam di dunia ini terjadi semakin masif. Bahkan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Dadang Kahmad MSi menyebut bahwa dunia ini semakin rusak dan hampir-hampir mendekati kepunahan.

Indikator sederhana yang dirasakan langsung oleh semua penghuni bumi adalah suhu yang semakin panas. Dadang menceritakan, Bandung yang biasanya dingin saat ini suhunya juga semakin terasa panas.

Baca Juga:  PCIA Jepang Resmi Dikukuhkan, Tebarkan Dakwah Perempuan Berkemajuan

Mengutip Suzy Friedman (seorang ahli lingkungan), tokoh Muhammadiyah yang juga Ketua Badan Pembina Harian UM Bandung ini menyebutkan bahwa dunia mengalami tiga kerusakan.

Pertama, flat dunia meski masih bulat tetapi rasanya semakin datar. Kedua, crowded atau dunia yang semakin padat populasi manusianya. Ketiga, adalah panas.

“Oleh karena itu, Muhammadiyah mengatakan sekarang kita harus ikut andil,” kata Dadang dalam agenda Milad ke-111 dan Taaruf Muhammadiyah yang diselenggarakan PDM-PDA Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada Minggu (07/01/2024).

Baca Juga:  Kondisi Masyarakat Sebelum KH Ahmad Dahlan Mendirikan Muhammadiyah

Implementasi dari tema Milad ke-111 Muhammadiyah dalam upaya menyelamatkan semesta itu, kata Dadang, Muhammadiyah menjalin kerja sama dengan PLN.

Bentuk dari kerja sama itu salah satunya adalah menunjuk setiap kampus Muhammadiyah untuk membuat solar cell.

Guru Besar Sosiologi Agama ini menambahkan, Muhammadiyah juga sudah menyelenggarakan seminar internasional tentang masalah lingkungan. Seminar tersebut dihadiri oleh perwakilan dari dunia internasional.

Selain itu, gerakan nyata menyelamatkan lingkungan yang dilakukan oleh Muhammadiyah dan organisasi otonomnya juga aktif menyelenggarakan penanaman pohon. Ditambah dengan berbagai kegiatan lain untuk menyelamatkan lingkungan.***

Baca Juga:  KNPI Kota Bandung Hadir Menyelesaikan Masalah Kewilayahan Melalui Bandung Ngora

___

Sumber: muhammadiyah.or.id

Editor: FA

PMB UM Bandung