Mahasiswa UMBandung Sabet Juara Dua Lomba Online Public Speaking Competetion

oleh -
Maulana Ahsan (Foto: Istimewa)

BANDUNGMU.COM – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) Maulana Ahsan meraih gelar juara dua dalam Lomba Online Public Speaking Competetion kategori News Presenter yang digelar Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dan diumumkan pada Minggu (24/10/2021).

Pada pelaksanaan perlombaan news anchor, Ahsan membuat dan membawakan berita dengan tema ”Transisi Pendidikan di Masa Pandemi”.

Karena kebetulan di UMBandung ada hybrid learning, maka Ahsan pun mengaku membuat berita yang berkaitan dengan kegiatan tersebut dalam bentuk video kemudian diunggah ke media sosial.

”Aku pikir temanya bebas, karena aku sudah terlanjur daftar, mumpung ada surat edaran dari rektor UMBandung tentang belajar hybrid learning, ya sudah aku ambil tema tentang itu saja,” ucap Ahsan di kampus UMBandung, Selasa (09/11/2021).

Sebelumnya, bahkan mahasiswa semester lima ini tidak menyangka dirinya bisa mendapat nominasi dan gelar juara kedua dari perlombaan news anchor tersebut.

”Aku kaget banget waktu itu, hah kok aku bisa masuk nominasi dan setelah itu diumumin langsung, i get a runner up, aku dapet juara kedua gitu,” lanjutnya.

Ahsan mengaku, sebelumnya ia kesulitan terutama dalam pengambilan ataupun terkait masalah mengedit video news anchor yang dikerjakannya ketika malam hari.

”Banyak banget ya kalau kesulitan menurut aku, mungkin karena kekurangan aku itu kaya memang videonya enggak layak ditonton. Bagi aku, news presenter itu dilihat dan dinilai dari bagaimana cara ia membaca, intonasi, artikulasi, gestur, penilaian dari semua itu mungkin aku dapet juara dua,” kata Ahsan.

Selain sering mengikuti berbagai seminar, menimba ilmu di kampus, Ahsan juga mengaku dirinya punya skill di dunia broadcast tersebut dari belajar sendiri, melihat dan mendengarkan orang lain, menonton di Youtube, dan referensi lainnya.

Ahsan berharap ke depannya, setelah berhasil meraih prestasi ini, ia ingin berbagi ilmu mengenai news presenter kepada teman-temannya agar bisa menjadi news anchor yang andal di kemudian hari.

”Ketika kita banyak mencoba, banyak berdoa, terus-menerus berlatih tanpa putus asa, maka kita berhak mendapatkan apa yang diinginkan dan dicita-citakan,” jelas mahasiswa yang aktif di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) “Bewara” UMBandung ini.

Jadi inspirasi

Terkait prestasi yang ditorehkan salah satu mahasiswanya, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMBandung Dra. Euis Evi Puspitasari, M.Si. mengatakan, ia merasa bangga terhadap Ahsan yang telah memenangkan perlombaan news anchor beberapa hari lalu.

”Minat dan bakat Ahsan memang sudah terlihat sejak awal dari ketertarikannya mengikuti pelatihan di kampus melalui UKM Protokoler,” ujar Euis.

Euis juga menambahkan bahwa dengan pengalaman Ahsan yang sudah sekian lama dilatih, hal itu bisa menjadi bekal dirinya dan juga inspirasi bagi mahasiswa lain dalam melatih bakatnya masing-masing.

”Harus ditekankan baik-baik bahwa bakat saja tidak cukup, tetapi harus dibarengi dengan latihan terus-menerus dan keinginan kuat untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan. Hal itu juga akan menjadi semacam evaluasi apakah kompetensi yang diharapkan sudah tercapai atau belum,” tururnya.

“Sekali lagi selamat kepada Ahsan, semoga tetap semangat dalam berkarya dan mewujudkan cita-cita,” pungkas Euis.***(Firman Katon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *