MDMC Jombang Bantu 10 Ribu Karung Untuk Perbaiki Tanggul Jebol

oleh -

BANDUNGMU.COM, Jombang – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Jombang menyerahkan bantuan sebanyak 7.650 karung untuk perbaikan tanggul sungai yang jebol di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang. Bantuan itu merupakan bagian dari total bantuan 10 ribu karung bagi penanganan banjir yang terjadi di Jombang.

Bantuan diserahkan dalam kegiatan Amal Bakti Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh keluarga besar Muhammadiyah Kabupaten Jombang, Minggu (14/02/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Desa Brangkal, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang yang terdampak banjir cukup parah selama satu pekan lebih sejak tanggal 4 Februari 2021 lalu.

MDMC Jombang Tanggap Darurat

Ketua MDMC Kabupaten Jombang, Mustakim menyampaikan sejak awal terjadi banjir, MDMC Kabupaten Jombang bersama seluruh unsur relawan Muhammadiyah setempat sudah melaksanakan tanggap darurat untuk membantu warga terdampak.

kondisi tanggul sungai yang jebol di desa Brangkal, Bandarkedungmulyo, Jombang.

“Berbagai layanan kami jalankan untuk membantu warga yaitu pemberian bantuan logistik, dapur umum, pemeriksaan kesehatan gratis, pendampingan psikososial dan pembersihan tempat ibadah,” katanya.

Terkait bantuan 10 ribu karung, Mustakim mengatakan karung sebanyak itu nantinya akan dipakai untuk memperbaiki tanggul yang jebol di Bandarkedungmulyo.

“Total kebutuhan sebetulnya 20 ribu karung untuk memperbaiki 2 titik tanggul yang jebol, kami membantu 10 ribu karung,” imbuhnya.

Dalam kegiatan Amal Bakti Muhammadiyah itu juga dilaksanakan pengobatan gratis, pembagian paket sembako, warung gratis dan pendampingan psikososial bagi anak-anak yang melibatkan 87 relawan Muhammadiyah Jombang dari berbagai unsur.

Pengobatan gratis dilaksanakan oleh tenaga medis dari RS PKU Muhammadiyah Mojoagung dan RS Muhammadiyah Jombang. Sebanyak 350 warga memanfaatkan layanan tersebut dengan keluhan sakit didominasi oleh gatal-gatal, demam dan mual.

Warung gratis dilaksanakan oleh Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Mancilan dan takmir masjid Darunnajah, Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung.

Pendampingan Sosial

Sedangkan pendampingan psikososial oleh relawan dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jombang dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan jumlah anak yang didampingi 30 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PDM Kabupaten Jombang, Abdul Malik didampingi Wakil Ketua PDM bidang Kebencanaan dan Bendahara PDM Jombang.

Abdul Malik menyampaikan rasa senangnya keluarga besar Muhammadiyah Jombang bisa mendampingi warga terdampak. “Ini adalah kebahagiaan bagi kami bisa membantu warga terdampak banjir di Bandar Kedungmulyo Jombang,” katanya.

Dari unsur pemerintahan, hadir Kepala Desa Brangkal, Sa’un beserta jajarannya. Dalam kesempatan tersebut Sa’un mengucapkan terima kasih atas kegiatan di desanya.

“Kami sangat berterima kasih, Muhammadiyah hadir mendampingi kami, semoga Alloh SWT selalu memberi kesehatan kepada segenap keluarga besar Muhammadiyah Jombang,” ujarnya.

MDMC Kabupaten Jombang akan mendampingi warga terdampak di Bandarkedungmulyo sampai masa pemulihan selesai. Salah satu tindak lanjut yang masih akan dilakukan adalah membantu warga memperbaiki dua titik tanggul sungai yang jebol. (Tim Media MDMC).

Yogyakarta, 15 Februari 2021

Arif Jamali, Wakil Ketua MDMC Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *