UMBandung
News

Ratusan Anak dan Orang Tua Antusias Ikuti Festival Permainan di UM Bandung

×

Ratusan Anak dan Orang Tua Antusias Ikuti Festival Permainan di UM Bandung

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung sukses menggelar Festival Permainan Anak bertema Motek’Art 2024 pada Sabtu (06/07/2024). Acara yang bekerja sama dengan TK Labschool UM Bandung ini berlangsung di Auditorium Kiai Haji Ahmad Dahlan, lantai tiga UM Bandung, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 752.

Ratusan anak-anak bersama orang tua mereka dari Kota Bandung, khususnya Kecamatan Panyileukan, memeriahkan kegiatan ini. Mereka antusias mencoba berbagai wahana permainan yang disediakan di auditorium.

Ketua Prodi PIAUD UM Bandung, Dian Kusumawati, mengungkapkan kebahagiaannya atas kesuksesan acara ini yang diikuti dengan antusias oleh anak-anak dan orang tua. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi rutinitas tahunan yang bertujuan mengisi liburan anak-anak dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan edukatif.

”Kami sangat senang acara ini berlangsung dengan baik dan diikuti antusias ratusan anak-anak dan orang tua. Acara ini sangat bermanfaat untuk mengisi liburan anak-anak dengan berbagai kegiatan permainan edukatif dan menyenangkan,” ucap Dian.

Baca Juga:  Prodi Farmasi UM Bandung Berjaya Kembali dengan Medali Perak di IICYMS 2023

Dian juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk praktik UAS dari beberapa mata kuliah, seperti pengembangan fisik motorik, pengembangan matematika dan sains, serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). ”Dalam festival ini, kami memberikan berbagai kegiatan permainan yang melibatkan kerja sama antara orang tua dan anak-anak. Kami berharap festival ini bermanfaat bagi masyarakat. Keringat anak-anak ketika bermain di masa kecil akan mencerdaskan mereka di masa yang akan datang,” tambah Dian.

Ajang promosi

Kepala TK Labschool UM Bandung, Rizka Saputri, sangat bersyukur atas kesuksesan kegiatan ini yang disambut antusias oleh anak-anak dan orang tua. Selain sebagai ajang hiburan edukatif, kegiatan ini juga merupakan bentuk promosi TK Labschool UM Bandung. “Kegiatan ini sangat tepat dan menyenangkan bagi anak-anak karena mereka mendapatkan sarana hiburan yang bernilai pendidikan. Festival ini memberikan hiburan sekaligus nilai edukasi yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan stimulasi perkembangan anak,” ujar Rizka.

Baca Juga:  Fakultas Saintek UM Bandung Jalin Kerja Sama dengan Fakultas Farmasi Unpad

Rizka mengapresiasi kegiatan ini karena dapat mempromosikan TK Labschool UM Bandung kepada para orang tua yang hadir di auditorium. ”Ini menjadi ajang yang sangat baik untuk memperkenalkan Prodi PIAUD dan TK Labschool UM Bandung kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Panyileukan dan umumnya masyarakat Kota Bandung,” kata Rizka. Pada tahun ini, TK Labschool UM Bandung membuka pendaftaran siswa baru. ”Kita sudah membuka pendaftaran calon siswa baru. Kuotanya tinggal sedikit lagi. Jadi, buruan daftar dan gabung bersama TK Labschool UM Bandung,” ajak Rizka.

Baca Juga:  Apa Maksud Islamic Technopreneurial University Itu? Ini Tujuan, Karakteristik, dan Cirinya

Apresiasi peserta

Para orang tua pun sangat bersyukur dan senang dengan adanya acara ini. Seperti yang dituturkan oleh Ibnu Hasyim, berbagai permainan di Motek’Art merupakan wahana edukasi yang membuat anak-anak bahagia. Permainan itu juga bagus untuk melatih motorik dan gerak anak-anak. ”Kegiatan ini menjadi harapan yang sangat baik bagi anak-anak. Mereka bermain dengan bahagia sambil belajar,” ungkap Hasyim.

Ia berharap agar kegiatan ini bisa terus diadakan setiap tahun oleh PIAUD dengan lebih menarik. ”Semoga dengan kegiatan ini, tumbuh kembang anak-anak semakin meningkat,” pungkas Hasyim. Ada beragam permainan anak-anak yang disajikan dalam event yang sangat meriah ini. Di antaranya permainan bertema sains, matematika, teknologi, permainan tradisional, brain games, yoga, music and gymnastyc, dan creative games.***

PMB UM Bandung