UMBandung
News

Resmi Diluncurkan, Forum Rektor PTMA Jadi Wadah Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Perkuat Pendidikan Indonesia

×

Resmi Diluncurkan, Forum Rektor PTMA Jadi Wadah Berbagi Ide dan Gagasan Untuk Perkuat Pendidikan Indonesia

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi istimewa.***

BANDUNGMU.COM, Jakarta — Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) resmi diluncurkan pada Kamis (21/12/2023).

Peluncuran diselenggarakan di Aula Kasman Singodimedjo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) oleh Ketua Umum Forum Rektor PTMA Gunawan Budiyanto.

Kepengurusan Forum Rektor PTMA telah mendapat persetujuan Majelis Dikti Litbang melalui SK Nomor 0306/KEP/I.3/D/2023.

Forum yang diinisiasi oleh beberapa rektor PTMA ini dijelaskan Gunawan dikembangkan untuk berbagi pengalaman, bertukar ide, dan yang berkaitan dengan pola pembinaan antar PTMA.

Forum dibentuk agar ada forum tersendiri bagi para rektor untuk dapat berkomunikasi lebih intens, detail, dan teknis. Hal ini karena sebelumnya komunikasi antar rektor dinilai masih terbatas.

Baca Juga:  Catat! Ramadan Tahun Ini Muhammadiyah Anjurkan Tarawih di Rumah

“Kami mencoba untuk mencari bentuk bagaimana ada modus yang berbeda dalam mengembangkan PTMA. Akhirnya bulan September sepakat untuk membentuk Forum Rektor PTMA,” tutur Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini.

Lebih lanjut, Gunawan menerangkan bahwa FRPTMA lebih banyak memiliki muatan untuk mengembangkan PTMA dengan penguatan-penguatan kualitas learning process, peningkatan kualitas manajerial dalam mengurus PTMA, dan meningkatkan kinerja akademik yang dimiliki setiap PTMA.

Diketahui PTMA di Indonesia kini berjumlah 171 dengan 82 universitas. Oleh karena itu, Gunawan berharap Forum Rektor PTMA ini dapat melahirkan SDM berkualitas untuk menyongsong bonus demografi.

Baca Juga:  Bantu Atasi Covid-19, Ilmuwan Bandung Berhasil Ciptakan Ventilator untuk Pasien

“Forum ini akan terus ada karena ini terbentuk sebagai tanggung jawab Muhammadiyah terhadap bangsa ini. Bagi Muhammadiyah ikut menyiapkan kualitas sumber daya manusia agar saat bonus demografi datang, generasi muda kita tidak hanya jadi penonton tetapi juga pemain,” pungkas Gunawan.

Peresmian Forum Rektor PTMA dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum FRPTMA didampingi oleh segenap pengurus.

Turut hadir Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari, rektor dan dekan di lingkungan PTMA, Wakil Rektor I Muhammad Hadi, Wakil Rektor III Rini Fatma Kartika, dekan, wakil dekan, dosen, dan mahasiswa di lingkungan UMJ.

Baca Juga:  MPM PP Muhammadiyah Selenggarakan Kurban Bersama Penyandang Difabel

Peresmian Forum Rektor PTMA dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesempahaman antara Forum Rektor PTMA dan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) serta Diskusi Publik dengan tema “Pemilu 2024 dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia.”

Diskusi publik menghadirkan Guru Besar Ilmu Politik dan Rektor UMJ Ma’mun Murod, Pakar Komunikasi Politik Effendi Gazali, Pengamat Politik Ujang Komarudin.***

PMB UM Bandung