UMBandung
News

Semarak Idul Adha, PAI UM Bandung Kuatkan Kebersamaan Melalui Kegiatan Keislaman di Kecamatan Ibun

×

Semarak Idul Adha, PAI UM Bandung Kuatkan Kebersamaan Melalui Kegiatan Keislaman di Kecamatan Ibun

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang sangat dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Kampung Baros, Desa Neglasari, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Pada tahun ini, perayaan Idul Adha 1445 H di Madrasah Miftahul Sa’adah berlangsung dengan semangat dan kekhidmatan dipenuhi berbagai kegiatan keislaman yang bertujuan untuk menguatkan kebersamaan dan keimanan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu 16 Juni 2024 mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Namun, juga untuk mempererat silaturahmi di antara mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) yang melaksanakan program Berkah Kurban Volume 4 di kampung tersebut. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan ilmu kepada para peserta terkait berbagai lomba yang diselenggarakan.

Lomba dan kegiatan keislaman

Di Madrasah Miftahul Sa’adah, berbagai lomba dan kegiatan keislaman diadakan untuk memeriahkan suasana Idul Adha. Lomba-lomba ini meliputi kaligrafi, azan, cerdas cermat, dan Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ). Selain itu, terdapat pula pelatihan menulis huruf Hijaiah dengan benar, membaca dan melafalkan huruf Hijaiah dengan benar, serta metode mudah menghafalkan surat dan melantunkan azan yang bagus.

Lomba kaligrafi diadakan untuk mengasah kemampuan seni menulis indah huruf Arab. Peserta diajarkan teknik-teknik dasar kaligrafi dan diberikan kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui tulisan yang indah dan bermakna. Lomba azan bertujuan untuk meningkatkan kualitas suara dan teknik melantunkan azan. Peserta diberikan pelatihan tentang cara melantunkan azan yang baik dan benar, dengan memperhatikan tajwid dan makhraj huruf.

Baca Juga:  Hebat! UIN Bandung Raih Rekor MURI Pengukuhan Guru Besar Terbanyak

Lomba cerdas cermat keagamaan menjadi ajang bagi para peserta untuk menguji pengetahuan mereka tentang ajaran Islam. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mencakup berbagai aspek agama, mulai dari fikih, sejarah Islam, hingga tafsir Al-Quran. MHQ merupakan lomba menghafal Al-Quran yang diikuti oleh peserta dengan berbagai tingkatan hafalan. Kegiatan ini tidak hanya menguji hafalan, tetapi juga melatih peserta untuk melafalkan ayat-ayat Al-Quran dengan tajwid yang benar dan indah.

Kegiatan keislaman ini diikuti oleh 82 orang peserta yang sangat antusias dan bersemangat. Mereka dengan penuh kegembiraan mengikuti berbagai lomba dan pelatihan yang telah disiapkan. Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Pelaksana Muhammad Idris dibantu oleh Koordinator Bidang Acara Riska Rachmawati dan kawan-kawan mahasiswa PAI UM Bandung. Kegiatan ini dibimbing oleh Dr Iim Ibrohim MAg yang memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta.

Baca Juga:  Lazismu Genap 22 Tahun: Memperkuat Gerakan Zakat Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Kebersamaan dan keimanan

Dengan berbagai kegiatan ini, semangat Idul Adha semakin terasa di Madrasah Miftahul Sa’adah. Para peserta tidak hanya berlomba, tetapi belajar dan berbagi ilmu serta pengalaman. Hal ini diharapkan dapat menguatkan kebersamaan dan meningkatkan keimanan seluruh masyarakat Kampung Baros, khususnya para mahasiswa PAI UM Bandung yang berpartisipasi dalam program Berkah Kurban Volume 4.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk turut serta menyemarakkan Hari Raya Idul Adha dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan mendidik. Bersama-sama, kita bisa mempererat silaturahmi dan memperkuat keimanan demi terciptanya masyarakat yang harmonis dan berakhlak mulia.***

PMB UM Bandung