UMBandung
Edukasi

Tak Cukup Hanya Teori, Dadang Kahmad Dorong Lulusan Kampus Muhammadiyah Harus Kreatif dan Punya Inovasi

×

Tak Cukup Hanya Teori, Dadang Kahmad Dorong Lulusan Kampus Muhammadiyah Harus Kreatif dan Punya Inovasi

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Jakarta — Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr H Dadang Kahmad MSi mendorong kepada seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) supaya mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan berkemajuan.

Hal itu Dadang dalam agenda Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) dalam rangka Wisuda Magister Sarjana dan Ahli Madya 2023 pada Sabtu (23/12/2023).

Menghasilkan lulusan unggul dan berkemajuan itu, kata Dadang, selaras dengan tagline besar yang dicanangkan oleh PP Muhammadiyah.

“Lulusan PTMA selain unggul dan berkemajuan juga harus memiliki karakter pembelajar,” ujar Dadang seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Baca Juga:  Inilah 9 Alasan Pendidikan Finlandia Jadi Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Kesempatan wisuda dari PTMA, kata Dadang, bukan suatu akhir dari proses belajar, melainkan suatu proses atau jenjang untuk membuka jendela dunia lebih lebar lagi.

“Lulusan PTMA akan dipertemukan dengan realitas yang terjadi di masyarakat. Kepada para wisudawan jangan langsung merasa puas dengan pencapaian kali ini, terus belajar melalui pengalaman baru nanti lewat pekerjaaan dan pengabdian di masyarakat,” kata Dadang.

Guru Besar Sosiologi Agama ini mengungkapkan bahwa ketika lulusan PTMA menjalani hidup bermasyarakat, tidak cukup hanya mengandalkan teori-teori kelas.

Oleh karena itu, lulusan harus terus belajar dan mengasah kemampuan dan kreatif. Kata Dadang, kreativitas saat ini menjadi suatu yang mahal ketika imitasi begitu rupa melekat di setiap sendi kehidupan manusia.

Baca Juga:  Meriahkan Milad Muhammadiyah, IPM Berikan Donasi ke Panti Asuhan

Kreativitas dan inovasi, kata Dadang, juga sebagai bekal lulusan untuk menghadapi dunia yang berubah begitu drastis. Dadang mendorong supaya lulusan PTMA bisa menguasai berbagai keterampilan baru yang cocok dengan perkembangan zaman.

“Keterampilan baru yang harus kita antisipasi agar kita bisa beradaptasi dengan menghasilkan inovasi baru lewat jasa dan barang sehingga lulusan diharapkan dapat mengasah kreativitas agar kita bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” imbuh Dadang.

Kemajuan peradaban yang begitu cepat, ujar Dadang, memerlukan kepekaan manusia agar menjalankan hidup tetap bermakna.

Baca Juga:  Pendaftaran Mahasiswa Baru UM Bandung Periode 2023-2024 Dibuka, Ini 4 Jalur Masuknya!

Oleh karena itu, Dadang berpesan kepada seluruh wisudawan supaya tidak meninggalkan Tuhan. Sebab kesuksesan tidak semata-mata hadir dari kerja keras dan kercerdasan manusia.

Dadang mendorong supaya lulusan PTMA mampu memiliki keburuntungan dan kesuksesan dengan mendekati Tuhan Sang Khalik melalui ibadah dan doa.

“Kesuksesan tidak hanya melalui kecerdasan, tetapi melalui ketaatan kita kepada Allah SWT karena sukses kita merupakan rida Allah SWT,” tandas Dadang.***

Seedbacklink