Edukasi

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19, LPPM UM Bandung Adakan Kegiatan Budikdamber

×

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19, LPPM UM Bandung Adakan Kegiatan Budikdamber

Sebarkan artikel ini
Dr. Alfiana saat memberikan materi tentang Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Panti Asuhan Insan Harapan, Kiara Condong, Bandung beberapa waktu lalu.

BANDUNGMU.COM –Di masa pandemi Covid-19 yang masih berkepanjangan membuat kesejahteraan masyarakat belum sepenuhnya pulih.

Untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di masyarakat perlu upaya agar tetap bisa bertahan hidup.

Budidaya ikan lele menjadi salah satu upaya alternatif dalam ketahanan pangan keluarga.

Pembahasan tersebut mengemuka pada kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UM Bandung beberapa waktu lalu.

Acara tersebut bertempat di pesantren dan panti asuhan Insan Harapan Muhammadiyah, Kiara Condong Kota Bandung.

Baca Juga:  15 Jurusan Kuliah Paling Diminati Tahun 2021 dan Kisaran Gajinya di Masa Depan

Adapun yang hadir, yakni Ketua LPPM UM Bandung, Dr Wasifah Hanim, SE, MSi, Pengurus Panti Asuhan Insan Harapan, dan  tamu lainnya.

Pentingnya ketahatan pangan

Pemateri Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber), Dr Alfiana mengatakan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di sebuah negara dipengaruhi oleh ketahanan pangan.

Ia mengatakan, bila ketersediaan pangan lebih kecil darikebutuhan masyarakat, hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada negara tersebut.

Misalnya, ketidakstabilan ekonomi serta berbagai gejolak sosial dan politik akibat ketahanan pangan yang terganggu.

Baca Juga:  SD Muhammadiyah 3 Bandung Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

”Selain itu, kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional,” ucap Alfiana.

Pembudidayaan ikan lele, menurutnya, bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan ketahanan pangan.

”Budidaya ikan lele dalam ember menjadi salah satu cara yang tepat untuk dilakukan dalam rangka ketahanan pangan masyarakat untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan,”  jelas Alfiana.

Tak sedikit manfaat dari budidaya lele, misalnya menjadi konsumsi makanan, mengurangi ketimpangan sosial, serta mendidik wirausaha sebagai sumber pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga:  Spirit Kemerdekaan, IMM Ajak Semua Pihak Bekerja Sama Atasi Pandemi

”Jadi di sini, kalau misalnya sampai enggak dapat pekerjaan saudara tinggal memanfaatkan peluang ini menjadi peternak lele,” tegasnya.

Tidak hanya itu, bahkan sambungnya budidaya lele bisa menjadi sarana dalam melakukan Budikdamber dengan beberapa sayuran yang ada seperti kangkung.

”Jadi kotoran lelenya itu bisa buat Budikdamber, caranya siramkan ke tanaman-tanaman hingga akhirnya jadi subur,” kata Alfiana. ***(Firman Katon)