UMBandung
News

Tingkatkan Wawasan dan Literasi Akuntansi Pelajar, HIMAKSI UM Bandung Kembali Gelar OPSI

×

Tingkatkan Wawasan dan Literasi Akuntansi Pelajar, HIMAKSI UM Bandung Kembali Gelar OPSI

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi UM Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung — Himpunan mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) UM Bandung kembali mengadakan Olimpiade Akuntansi (OPSI) pada Sabtu (13/01/2024).

Acara yang berlangsung di Auditorium Kiai Haji Ahmad Dahlan itu diikuti oleh puluhan peserta dari berbagi SMA/SMK/MA se-Indonesia.

OPSI tahun ini mengangkat tema ”The Existence Of Millennials Building The Nation In The Era of Society 5.0 Based On Accounting Knowledge”.

Hadir pada pembukaan yakni Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Bandung, Ketua HIMAKSI, Sekretaris IMM FEB, mahasiswa, dan peserta.

Ketua Pelaksana Amnila Hanisah Rifainy menjelaskan bahwa OPSI pada tahun ini menjadi yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh HIMAKSI.

Baca Juga:  Puluhan Tim Mahasiswa UM Bandung Ikuti Seleksi Proposal dan Produk P2MW

”Olimpiade yang sudah ada sejak tahun 2022 ini menjadi agenda tahunan bagi program studi Akuntansi,” ucap Amnila.

Ia menjelaskan ada beragam perlombaan yang dilaksanakan pada OPSI, di antaranya cerdas cermat, number one, dan infographic accounting.

”Tahun ini kita menambahkan dua kategori perlombaan. Pertama, number one, yakni mengerjakan siklus akuntansi dari jurnal umum sampai kertas kerja. Kedua, infographic accounting, yakni pembuatan poster berisikan informasi akuntansi,” jelas Amnila.

Amnila berharap para peserta dapat menambah wawasan dalam bidang akuntansi khususnya pada perekonomian Indonesia.

”Karena kita pada era 5.0 ini harus lebih technopreneurial sesuai dengan tagline UM Bandung yakni Islamic Technopreneurial University,” tandas Amnila.

Baca Juga:  Adab Mendengarkan Al-Quran, Memberikan Hadiah, dan Etika Bermajelis

Dampak positif

Sementara itu, Ketua HIMAKSI UM Bandung Muhammad Rizki Putrangga mengatakan bahwa kegiatan OPSI memiliki dampak positif kepada para peserta.

”Kita ingin memberikan impact kepada para peserta melalui OPSI ini agar mereka lebih mengetahui dan dapat mempersiapkan diri ke depan dalam menghadapi dunia Akuntansi,” terang Rizki.

Rizki juga berharap kepada para peserta agar dapat mengimplementasikan dan berbagi ilmu kepada teman-teman di sekolahnya masing-masing.

”Semoga OPSI ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi para peserta untuk saling berbagi ide dan mengembangkan potensi bersama-sama,” harap Rizki.

Baca Juga:  Saat TV Analog Migrasi ke TV Digital, Irsal Ambia: Indonesia Telat Respons Perkembangan Teknologi

Akuntan muda

Pada waktu yang sama, Wakil Dekan FEB UM Bandung Budi Sadarman sangat mengapresiasi kegiatan OPSI.

Budi menjelaskan bahwa OPSI menjadi ajang positif bagi generasi milenial sebagai upaya meningkatkan literasi dan menciptakan akuntan muda yang berkompeten.

”Dalam rangka mencetak kader-kader yang akademisi, perlu adanya kegiatan yang bersifat ilmiah seperti OPSI ini,” ungkap Budi.

Oleh karena itu, Budi berharap agar kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi para peserta.

”Tidak hanya ilmu, tetapi ajang ini harus bisa meningkatkan silaturahmi dan mengenal lingkungan UM Bandung,” tandas Budi.***(FK)

PMB UM Bandung