Tokopedia, Platform eCommerce Favorit UMKM di Indonesia. Apa Favorit Kamu?

oleh -

BANDUNGMU.COM – Masa pandemi ini e-commerce telah menjadi salah satu layanan yang paling banyak diakses oleh para pengguna internet di Indonesia. Data menyebutkan jika transaksi belanja online meningkat 400 persen sejak Juli tahun lalu.

Belanja Online

Dalam report eConomy SEA 2020 juga disebutkan e-commerce masih memegang total dari internet ekonomi di Asia Tenggara. Pada 2015, mayoritas orang membeli produk elektronik melalui platform e-commerce dengan total share sebanyak 41 persen. Dengan adanya perkembangan GMV hingga 54 persen sejak 2019, e-commerce memiliki banyak potensi untuk terus mengakuisisi konsumer di Indonesia dan diprediksi akan terus memimpin ekonomi di Indonesia.

Walaupun hampir semua e-commerce menawarkan produk yang banyak dengan promosi yang menggiurkan, tak mudah untuk bisa menetapkan satu e-commerce andalan kita sehari-hari. Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa menetapkan satu andalan.

Setiap membeli barang, pengguna pasti akan melihat rekomendasi dari para netizen. Nah, Twitter merupakan media sosial yang paling berisik kalau soal rekomendasi beli barang di e-commerce. Tidak heran jika platform jualan online yang ternama di Indonesia pun memiliki akun resmi di Twitter.

Untuk e-commerce di Indonesia, Tokopedia berhasil menduduki peringkat pertama dengan total pengikut di Twitter sebanyak 700 ribuan selama 2020 kemarin. Diikuti oleh Shopee dengan total pengikut 540 ribuan. Peringkat ketiga ada juga pemain lokal Blibli dengan total pengikut di Twitter sebanyak 510 ribuan.

Sahabat UMKM

Pemerintah yakin, untuk keluar dari krisis ekonomi di masa pandemi Covid-19, UMKM sangat berperan penting. Makanya, banyak e-commerce yang kemudian membuka pintu untuk para UMKM ini membuat lapak di platform mereka. Berdasarkan survei yang dilakukan IDN Research Institute, Tokopedia berhasil menempati urutan pertama yang paling suportif mendukung UMKM, diikuti Shopee dan Bukalapak.

Menurut riset, dasbor penjual Tokopedia dinilai paling canggih dan komprehensif untuk mendapatkan wawasan perilaku konsumen. Dalam survei online yang dilakukan IDN Times Research, para penjual mengaku sangat terbantu dengan dasbor penjual yang mempermudah mereka melakukan analisis nih. Berdasarkan hasil survei, Tokopedia, Shopee, dan Lazada adalah platform e-commerce yang memiliki dasbor penjual terbaik.

Tampilan aplikasi yang menarik

Masih menurut survei IDN Research Institute, kenyamanan visual dan kemudahan penggunaan aplikasi cukup berpengaruh membuat pengunjung semakin loyal. Menurut hasil survei, Tokopedia menempati urutan pertama sebagai ecommerce dengan tampilan User Interface/User Experience (UI/UX) terbaik. Di bawah Tokopedia ada Bukalapak lalu disusul JD.id.

Berani Promosi Besar-besaran

Untuk membuat semua orang sadar akan sebuah brand, e-commerce tidak tanggung-tanggung melakukan promosi. Shopee merupakan platform yang paling sering melakukan promosi melibatkan televisi, menyusul Tokopedia dan Lazada.

Jadi yang mana e-commerce favorit kamu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *