UMBandung
News

UM Bandung dan IPG Kampus Perlis Lakukan Pertemuan Kerja Sama, Salah Satunya Soal Penelitian

×

UM Bandung dan IPG Kampus Perlis Lakukan Pertemuan Kerja Sama, Salah Satunya Soal Penelitian

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menerima kunjungan Institut Pendidikan Guru (IPG) Kampus Perlis, Malaysia, pada Rabu (06/12/2023).

Silaturahmi kedua kampus berlangsung di ruang pertemuan lantai satu UM Bandung dengan dihadiri Wakil Rektor II, Kepala LPPM, Dekan FAI, Wakil Dekan FAI, dan Kaprodi PAI.

Rombongan dari IPG Kampus Perlis berjumlah 31 orang. Mereka terdiri atas pimpinan, dosen, dan mahasiswa.

Pengarah IPG Kampus Perlis Amran bin Mahadi mengaku gembira bisa bersilaturahmi dan berkunjung ke UM Bandung.

Di samping berkunjung, lembaganya juga berharap pertemuan kedua kampus bisa menghasilkan kesepakatan-kesepakatan kerja sama.

Baca Juga:  Dadang Kahmad Ungkap Ada Tiga Hal Yang Harus Disyukuri Dalam Konteks Hubungan Antar Umat Beragama

Selanjutnya, Amran juga menerangkan terkait profil IPG Kampus Perlis yang terus berkomitmen mendidik dan mencetak calon-calon guru berkualitas yang siap terjun ke berbagai lembaga pendidikan.

Sementara itu, Wakil Rektor II UM Bandung Ahmad Diponegoro mengucapkan selamat datang dan menyambut baik kunjungan kampus dari Negeri Jiran ini.

“Kami tentunya sangat terbuka dan senang bisa berkolaborasi di berbagai bidang akademik, seperti dalam hal kurikulum, penelitian, pertukaran ide, dan pengalaman,” tutur Ahmad.

“Kami yakin kegiatan kerja sama yang dilakukan hari ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak, yakni dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang pendidikan dan pengajaran Islam,” lanjut Ahmad.

Baca Juga:  UM Bandung dan PDM Kota Bandung Komitmen Perkuat Literasi Keilmuan

Oleh karena itu, Ahmad berharap para dosen dan mahasiswa UM Bandung bisa mengambil manfaat sebaik-baiknya melalui tukar pikiran dan interaksi pengalaman dengan IPG Kampus Perlis.

Kerja sama penelitian

Pada waktu yang sama, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UM Bandung Afif Muhammad menekankan terkait pentingnya berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan kampus luar negeri, seperti IPG Kampus Perlis.

Menurut Afif, perbedaan jurusan kedua kampus tidak menjadi persoalan untuk bertukar ide dan gagasan dalam rangka saling memajukan. “Walaupun di antara kampus itu ada beda jurusan, tetap ada hal yang bisa disatukan,” kata Afif.

Baca Juga:  Sebanyak 1.652 Mahasiswa Baru UM Bandung Ikuti Pra-PESONAMU

Di antara beberapa hal yang menjadi pembicaraan dan rencana kerja sama serius kedua kampus yakni tentang penelitian bersama.

Setelah pembicaraan teknis rencana kerja sama selesai, pertemuan kedua lembaga pendidikan ini kemudian diakhiri ramah tamah dengan suasana kekeluargaan. Terakhir, sebelum meninggalkan UM Bandung, rombongan IPG Kampus Perlis berfoto bersama.***(FA)

PMB UM Bandung