5 Kampus Muhammadiyah Masuk 100 Besar Rangking Universitas se-Indonesia Versi Webometrics

oleh -
Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Yogyakarta. | Foto: muhammadiyah.or.id.

BANDUNGMU.COM — Website perangkingan universitas di dunia, Webometrics merilis 100 universitas terbaik di Indonesia pada bulan Juli 2021. Pada edisi ini, Muhammadiyah mencatatkan 5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Menanggapi capaian tersebut, Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti mengaku bangga dan mengapresiasi PTM yang berhasil masuk 100 universitas terbaik se-Indonesia.

“Ini capaian yang luar biasa hasil kerja keras di PTMA, sehingga misalnya UMY di peringkat 10, UAD urutan 31 dan lain sebagainya beberapa kampus yang masuk di 100 besar,” kata Sayuti, seperti dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Kamis (29/7/2021).

Capaian ini menunjukan bahwa, usia muda kampus-kampus Muhammadiyah bukan menjadi penghalang untuk berprestasi. Karena jika dilihat dari pemeringkatan tersebut, PTM yang usianya relatif lebih mudah berhasil mengungguli universitas-universitas negeri yang usianya lebih tua.

Sayuti mengakui peringkat yang berhasil diraih oleh PTMA adalah bukti kerja keras mereka yang dilakukan secara mandiri. Ia berujar, bahwa menjadi tua itu takdir tapi menjadi maju itu adalah sebuah pilihan. Karenanya ia berpesan kepada PTMA lain yang usia lebih tua untuk semakin kuat bekerja keras mengejar ketertinggalan.

“Majelis ingin PTM lain terinspirasi oleh itu, PTM lain yang lebih tua kenapa tidak mau ikut maju. Jadi adalah kesempatan untuk saling belajar dari PTM, yang bisa mempersingkat waktu untuk maju. Karena menjadi tua itu sebuah takdir-sunnatullah tapi menjadi maju itu sebuah pilihan,” pungkas Sayuti.

Ucapan syukur juga datang dari Gunawan Suryoputro, Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Sebab, enam bulan sebelumnya pada Januari 2021 UHAMKA berada di peringkat 227.

“Alhamdulillah, rasa syukur kami segenap Civitas UHAMKA kepada Allah Swt atas capaian yang begitu melesat dalam penilaian Webometrics sebagai perguruan tinggi terbaik ke-5 untuk tingkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ke-69 perguruan tinggi se-Indonesia,” tutur Gunawan.

Gunawan mengungkapkan bahwa pandemi bukanlah halangan bagi UHAMKA untuk maju. UHAMKA menurutnya berupaya terus meningkatkan prestasi, berbenah dan meningkatkan mutu dalam skala prioritas kerja, SDM yang unggul, ketersediaan teknologi yang memadai, sarana dan prasarana.

Hal-hal tersebut dikatakan Gunawan sebagai upaya untuk memastikan Uhamka tetap tumbuh sebagai universitas yang mampu mencetak generasi unggul melalui visi Prophetic Teaching University tahun 2024.

Dikutip dari webometrics.info, pemeringkatan 100 universitas terbaik di Indonesia edisi 2021, terdapat 5 PTM yang berhasil mencatatkan namanya, berikut daftarnya: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di peringkat 10, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di peringkat 31, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di peringkat 50, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di peringkat 54, dan UHAMKA di peringkat 69.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *