7 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Chamomile Tea!

oleh -

BANDUNGMU.COM – Menikmati secangkir minuman teh hitam atau teh hijau pasti tak asing buatmu. Akan tetapi, pernahkah kamu mencoba sajian teh dari bunga-bunga kering?

Meskipun belum terlalu populer, tapi kamu bisa mencicipi minuman teh dari bunga-bunga kering yang kini banyak disediakan di tea house atau coffee shop. Salah satunya, kamu bisa mencoba teh chamomile.

Ya, Chamomile merupakan bunga berukuran kecil yang berasal dari famili Asteraceae dengan warna kuning dan putih yang sangat cantik. Tak hanya menawarkan cita rasa yang unik, chamomile juga memiliki banyak manfaat kesehatan, lho! Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membagikan sejumlah khasiat ajaib dari chamomile bagi tubuhmu.

Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak berbagai manfaat kesehatan dari chamomile berikut ini!

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan berbagai penelitian, chamomile memiliki khasiat yang dapat menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes. Meskipun tak dapat dijadikan sebagai obat utama, tapi kamu bisa mengonsumsi satu gelas chamomile secara rutin sebagai obat herbal pendamping karena dapat memaksimalkan pengobatan medis.

2. Mengatasi Gangguan Tidur

Mengonsumsi chamomile tea juga dapat sangat bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami gangguan tidur. Minuman ini dapat membantu kamu merasa lebih rileks sehingga kamu pun bisa tertidur pulas dan merasakan tidur yang berkualitas, apalagi jika ditambah kasur yang empuk dan nyaman. Selain itu, banyak pula peneliti yang menyatakan bahwa chamomile dapat digunakan sebagai benzodiazepine untuk mengurangi perasaan cemas serta dapat memicu rasa kantuk.

3. Mengurangi Sakit Saat Menstruasi

Ada pula studi yang menyatakan bahwa chamomile sangat efektif untuk mengurangi sakit ketika menstruasi. Bagi wanita yang kerap mengalami sakit saat datang bulan, tak ada salahnya coba mengonsumsi teh chamomile karena selain dapat mengurangi kram saat menstruasi, khasiat chamomile juga bisa membuat emosi menjadi lebih stabil.

4. Mencegah Terkena Osteoporosis

Beberapa studi juga mengatakan bahwa chamomile tea memiliki efek anti estrogenik. Dengan demikian, chamomile sangat pas dikonsumsi oleh wanita yang sedang berada dalam fase menopause karena manfaat yang dihasilkan oleh minuman ini dapat mencegah kamu terkena osteoporosis dan membantu tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Chamomile juga memiliki kandungan sifat antispasmodik, karminatif, serta anti-inflamasi yang sangat efektif untuk membantu menenangkan garis perut. Maka dari itu, kamu dapat mencoba mengonsumsi teh chamomile karena sangat efektif untuk meredakan sakit perut, gangguan pencernaan, sindrom iritasi, hingga gas di dalam perut.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Chamomile juga kaya akan kandungan antioksidan seperti flavon yang telah terbukti dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan flavon dari jenis tanaman hias bunga ini juga sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, termasuk kolesterol jahat dan trigliserida.

7. Mengatasi Jerawat Pada Wajah

Selain membantu mengatasi masalah-masalah di atas, chamomile juga dipercaya sebagai salah satu bahan untuk perawatan wajah. Banyak ahli yang melaporkan bahwa mengonsumsi chamomile secara rutin dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Bahkan, chamomile pun dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, menghilangkan noda bekas jerawat, hingga melawan hiperpigmentasi di kulit wajah.

Saat ini, ada banyak pasar swalayan yang menyediakan teh chamomile sehingga kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Nah, melalui banyaknya manfaat yang diberikan chamomile bagi kesehatan tubuh ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, segera rasakan berbagai manfaat dari chamomile!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *