UMBandung
News

BPKH – Lazismu Salurkan Daging Kurban Kepada Masyarakat Yang Membutuhkan di Depok dan Majalengka

×

BPKH – Lazismu Salurkan Daging Kurban Kepada Masyarakat Yang Membutuhkan di Depok dan Majalengka

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Depok — Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedakah Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Barat menyalurkan sedekah kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah.

Program kerja sama ini dinamakan “Program Kemaslahatan Sedekah Qurban BPKH-Lazismu 2024.” Langkah ini merupakan kolaborasi antara Lazismu Jabar dengan BPKH serta berbagai elemen masyarakat, termasuk DKM, LSM, Ormas, dan lainnya.

Lazismu Jabar dan BPKH melaksanakan program ini untuk mendistribusikan daging kurban ke daerah-daerah pelosok serta wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Dua titik distribusi bantuan hewan kurban yang dituju adalah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI dan Pimpinan Cabang (PC) Persis Lemahsugih.

Baca Juga:  Tauhid Warga Muhammadiyah Harus Multiaspek dan Multidimensi

STEI SEBI berlokasi di Jalan Raya Bojongsari, Jalan Pd. Rangga I, Curug, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Sementara itu, PC Persis Lemahsugih terletak di Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka.

Penyerahan satu ekor sapi kurban di kedua tempat tersebut masing-masing dilaksanakan pada Minggu (16/06/2024) dan penyembelihannya dilakukan pada Senin (17/06/2024). Penyembelihan di STEI SEBI dikoordinasikan oleh DKM Masjid Al Yarmuk.

Di sana, daging kurban didistribusikan kepada 100 orang penerima manfaat yang terdiri dari santri penghafal Al-Quran, yatim, duafa, mustahik yang membutuhkan, orang tua tunggal, dan masyarakat muslim di sekitar lokasi distribusi.

Baca Juga:  Hadapi Olimpiade Sains, SD Muhammadiyah 7 Bandung Kunjungi Laboratorium Bioteknologi UM Bandung

Donny Setiawan, selaku penanggung jawab kerja sama antara BPKH dan STEI SEBI, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada BPKH dan LAZISMU atas terlaksananya sedekah kurban ini. Ia berharap dan mendoakan agar kerja sama yang penuh berkah ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Pengiriman ke PC Persis

BPKH bersama Lazismu Jabar juga mengirim bantuan ke PC Persis Lemahsugih, Kabupaten Majalengka. Bekerja sama dengan Laz Persis, mereka berhasil mengumpulkan penerima kurban hingga 100 orang.

Baca Juga:  Habitat Burung Kuntul Kerbau dan Blekok Sawah Yang Makin Terdesak

Mereka terdiri atas 5 Pimpinan Jamaah di Wilayah Pimpinan Cabang Persis Lemahsugih yang meliputi santri, anak yatim, dan kaum duafa. Para tokoh agama, termasuk ustaz yang memberikan pengajaran dan bimbingan kepada jamaah juga mendapatkan bagian dari daging kurban.

Dalam kegiatan ini, Ustaz Gun Gun Sutria Gundara selaku Ketua PC Persis Lemahsugih sekaligus penanggung jawab merasa gembira dengan adanya kerja sama ini. Selain merasa terbantu, Gun Gun bersyukur atas adanya kolaborasi ini. Harapannya, hubungan baik yang kini terjalin lewat kolaborasi ini tidak terputus hingga seterusnya.***(Aqbil)

PMB UM Bandung