Cara Mudah Menanam Pepaya dalam Pot di Halaman Rumah

oleh -
Ilustrasi pepaya (Foto: media.istockphoto).

BANDUNGMU.COM – Pepaya adalah buah yang kaya vitamin dan mineral. Kita bisa mendapatkan buah yang rasanya manis ini dengan mudah di hampir semua tempat. Buah ini bisa dibudidayakan di pekarangan rumah kita.

Jika kita ingin menanam pepaya, tetapi enggak punya lahan luas, tidak perlu khawatir. Kita bisa budidaya pepaya menggunakan pot. Menariknya lagi, kita bisa menanam buah yang bertekstur lembut ini dari biji pepaya yang dimakan. Cukup mudah, bukan?

Dilansir bandungmu.com dari akun instagram Kementerian Pertanian, berikut tips menanam pepaya di pot yang ada di halaman rumah.

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Inilah Segudang Manfaat Kelengkeng bagi Kesehatan

1. Pemilihan benih pepaya

Benih yang baik bisa didapatkan di toko pertanian atau buah pepaya terseleksi. Pilihlah pepaya yang memanjang, tidak cacat, bebas dari penyakit, dan matang pohon.

2. Pengolahan tanah media tanam

Media untuk menanam pepaya bisa diolah dengan mencampurkan tanah pekarangan dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.

3. Penanaman bibit

Memilih bibit pepaya jenis california. Mengapa memilih jenis california? Karena pepaya jenis ini tidak terlalu besar kalau ditanam dalam pot.

Baca Juga:  Mahasiswa Ingin Dapat Cuan? Inilah Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan Sambil Kuliah

4. Perawatan

Penyulaman tanaman dilakukan setelah pepaya berumur 1,5 bulan sejak tanam. Amati pohon saat bunga pertama tumbuh pada ketiak daun. Bunga ini akan tumbuh saat usia 4 bulan.

5. Panen

Budidaya pepaya bisa dipanen setelah masa tanam 8-9 bulan. Produktivitas bergantung pada kondisi iklim, varietas, dan perawatan. Buah pepaya yang dipetik harus mendekati stadium matang pohon. Cirinya terdapat garis menguning pada kulit buahnya.

Jika ingin mencoba makan buah pepaya hasil menanam sendiri, tips keren di atas bisa dipraktikkan. Tipsnya sangat sederhana dan mudah. Selamat mencoba!***