UMBandung
News

Eksplorasi Dunia Industri, Prodi Teknologi Pangan UM Bandung Adakan Kuliah Lapangan di Semarang

×

Eksplorasi Dunia Industri, Prodi Teknologi Pangan UM Bandung Adakan Kuliah Lapangan di Semarang

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Semarang — Ratusan mahasiswa prodi Teknologi Pangan UM Bandung mengadakan kunjungan industri ke PT Marimas Putera Kencana dan PT Nissin Biscuit Indonesia Semarang, Jawa Tengah, pada akhir Mei 2024 lalu.

Ketua pelaksana sekaligus dosen Teknologi Pangan UM Bandung Rosalina Ilmi Amalia berharap para mahasiswa prodi Teknologi Pangan bisa memanfaatkan momentum kunjungan ini untuk menimba informasi dan ilmu sebanyak mungkin.

Sebelum memasuki kawasan industri atau pabrik, mahasiswa diberikan penjelasan terkait proses pengolahan dan inovasi produk Marimas yang menjadi keunggulan PT Marimas Putera Kencana melalui tayangan video di aula. ”Dalam kegiatan ini para mahasiswa prodi Teknologi Pangan bisa melihat secara langsung aktivitas dari kedua industri yang dikunjungi,” ucap Rosalina.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan seputar pengolahan dan inovasi produk pangan bagi mahasiswa. ”Di sini mahasiswa mengetahui bagaimana proses pengolahan minuman serbuk PT Marimas Putera Kencana dan produk biskuit dari PT Nissin Biscuit Indonesia,” jelas Rosalina.

Baca Juga:  Viral Tanah Arab Menghijau, Dosen PAI UM Bandung: Kiamat Sugro!

Selain itu, kunjungan ini juga merupakan implementasi dari tiga mata kuliah yang ada di Prodi Teknologi Pangan UM Bandung. ”Kunjungan industri ini menjadi bagian dari mata kuliah yang ada di Prodi Teknologi Pangan, mulai dari proses produksi, tata letak industri, serta kesesuaian dengan GMP dan sistem quality control dalam dunia industri,” kata Rosalina.

Humas PT Marimas Putera Kencana menjelaskan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman ini memiliki produk utama berupa minuman serbuk. Dalam presentasi dan sosialisasi, juga diadakan sesi organoleptik dan tanya jawab antara mahasiswa dan pemateri yang berlangsung aktif. Setelah sesi tersebut, mahasiswa mengunjungi bagian produksi dengan mengenakan APD.

Baca Juga:  Top! Muhammadiyah Salurkan Ribuan Paket Ramadan Kepada Warga Palestina

Di dalam pabrik, mereka mengamati langsung alat, tata ruang, serta proses pengolahan dan pengemasan produk Marimas. ”Di sana para mahasiswa tentunya bisa mengamati langsung alat dan tata ruangan yang digunakan dalam proses pengolahan dan pengemasan produk Marimas,” terangnya.

Hal ini selaras dengan mata kuliah Pengendalian Mutu Pangan yang diampu oleh Mae Amelianawati dan Rosalina Ilmi Amalia serta mata kuliah Pengembangan Produk yang diampu oleh Khairiah.

PT Nissin

Pada sesi kunjungan ke PT Nissin Biscuit Indonesia, para mahasiswa Teknologi Pangan UM Bandung dikenalkan dengan produk-produk unggulan dari industri tersebut. Sesi berkeliling ke tempat produksi menjadi pembuka sebelum sesi tanya jawab. Mahasiswa teknologi pangan memasuki industri untuk melihat langsung alur proses produksi produk unggulan.

Baca Juga:  Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke 48 Siap Digelar, Ini Tanggal Pembukaan dan Berbagai Kegiatannya

Di dalam pabrik, mereka mengamati alat, tata ruang, serta proses pengolahan dan pengemasan produk PT Nissin Biscuit Indonesia yang bersinergi dengan mata kuliah “Karakteristik Bahan Pangan” diampu oleh Ratna Sari Listyaningrum dan Ana Nadiya Afinatul Fishi. Selanjutnya, mereka mengunjungi Museum Nissin yang menampilkan berbagai properti bersejarah PT Nissin Biscuit Indonesia dengan estetik.

”Para mahasiswa Teknologi Pangan diperlihatkan tentang alur proses produksi produk unggulan dari Nissin seperti Monde dan Khong Guan. Sesi tanya jawab dengan pemateri dari QC PT Nissin Biscuit Indonesia juga berlangsung aktif disertai penayangan video yang menarik,”  tandas Rosalina.***

PMB UM Bandung