Hebat!! 2 Siswa Muhammadiyah Juara 1 Ajang Indonesia Science Project Olympiad 2021

oleh -

BANDUNGMU.COM – Muhammadiyah Syahnabil Hammam Sungkar (siswa kelas XII MIPA I) dan Abyan Ermansyah Sungkar (siswa kelas X MIPA 4) berhasil meraih juara dalam gelaran Indonesia Science Project Olympiad (ISPO) 2021 yang diumumkan Minggu, (21/02/2021).

Gelaran ISPO tingkat nasional ini diselenggarakan oleh Edukasi Universal Indonesia (Eduversal). Lomba ini berfokus pada penelitian dalam bidang sains, lingkungan, komputer, dan teknologi. Selain itu, Lomba ini termasuk dalam gelaran Festival Sains dan Budaya Eduversal, Jakarta.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa menjadi juara I event ini,” ujar Hammam seperti dilansir oleh laman PWMU.co.

Kakak beradik ini mengikuti ajang lomba karena sang Ibu yang meminta mereka mencoba untuk mengikuti ajang ini.

Hammam dan Abyan membuat alat yang diberi nama Help Doctor yakni alat yang dapat mendeteksi pembuluh darah dengan image processing. Tak tanggung-tanggung, dengan karya Help Doctor ini Hammam dan Abyan dapat menyisihkan para pesaingnya yang berjumlah kurang lebih 100 tim. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan bagi mereka.

“Sebenarnya alat ini sudah ada tetapi harganya sangatlah mahal. Dengan harga yang relatif mahal kemungkinan klinik-klinik atau rumah sakit tidak memprioritaskan untuk membelinya. Padahal sangat penting,” jelas Hammam.

Sementara itu Abyan mengatakan bahwa ayahnya pernah bercerita tentang pasien yang kelebihan lemak dan warna kulit cenderung gelap dan sangat sulit ditemukan pembuluh darahnya.

Maka kedua kakak beradik ini membuat solusi alternatif untuk mengatasi masalah yang ada dan kemudian memberi nama Help Doctor.

Sumber: PWMU.CO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *