Traveliana

Inilah 5 Tempat Pemandian Air Panas di Bandung, Nomor 5 Paling Favorit

×

Inilah 5 Tempat Pemandian Air Panas di Bandung, Nomor 5 Paling Favorit

Sebarkan artikel ini
Photo by @ahmad_nur_kholik on instagram.

BANDUNGMU.COM — Aktivitas dan pekerjaan sehari-hari di ibu kota yang begitu padat, sering membuat stamina kita turun. Badan kita terasa capek dan pegal-pegal. Selain itu, kadang-kadang stres melanda sehingga semangat kita dalam bekerja pun jadi mengendur. Oleh karena itu, tubuh perlu istirahat sejenak agar bisa kembali fit lagi.

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan berendam di air panas. Lebih enak lagi kalau berendam di air panas dengan suasana alam yang masih segar di pegunungan.

Nah mau tahu di mana saja lokasi air panas yang masih alami untuk menyegarkan tubuh yang ada di Bandung dan sekitarnya? Berikut ulasannya yang sudah dirangkum oleh redaksi Bandungmu.com.

1. Air Panas Nagrak

Tempat pemandian air panas yang pertama ini berada di Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pemandian air panas ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Airnya sendiri berasal dari aliran air belerang Gunung Tangkuban Parahu. Kalau berendam di air ini, wah dijamin tubuh menjadi nyaman dan relaks.

Baca Juga:  Mau Menikmati Kopi Susu Dicelup Roti? Ayo ke Classico Coffee & Bake Aja

Kolam yang dibendung dan berada tepat di aliran sungai tersebut, membuat orang yang mandi di sana merasa dekat dengan alam. Cocok didatangi kaum pekerja di ibu kota untuk melepas penat. Air panas ini dikelola oleh warga dan Karang Taruna Desa Sukajaya.

2. Maribaya Hot Spring

Maribaya Hot Spring merupakan kolam air panas alami yang letaknya berada di lima kilometer sebelah timur Lembang. Kolam air panas ini terbagi menjadi beberapa kategori, di antaranya VIP, kamar rendam, dan kolam rendam kaki (foot spa). Selain itu, Maribaya Hot Spring juga memiliki fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung seperti sky bridge, Twig Café, play yard, dan mini zoo. Main dan berendam di air panas ini dijamin pikiran dan badan segar kembali.

3. Cibolang Hot Spring Water

Tempat pemandian air panas selanjutnya berada di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pemandian air panas alami ini dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit kulit karena bersumber dari Gunung Windu.

Baca Juga:  6 Jejak Perkumpulan Freemasonry yang Masih Ada di Kota Bandung

Selain itu, kolam pemandian air panas alami ini menyediakan beberapa macam kolam dengan kedalaman dan fungsi yang berbeda-beda. Misalnya kolam suhu 40’ Celsius untuk pengunjung dewasa ataupun yang sedang ingin terapi. Ada juga Kolam suhu derajat 35’ Celsius untuk dewasa dan remaja serta kolam air hangat bak rendam yang cocok untuk bersantai dan berendam anak kecil.

4. Ciater Hot Spring Resort

Tempat pemandian air panas selanjutnya yaitu Ciater Hot Spring Resort yang berada di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, dengan luas mencapai 30 hektare. Pemandian Ciater memiliki dua pilihan sensasi, yaitu pemandian air panas alami langsung berupa tempat berendam air panas di sungai yang mengalir dari hulu ke hilir. Kemudian ada juga berupa kolam umum serta penyewaan kamar-kamar pemandian air panas.

Sumber mata air panas alami dari Gunung Tangkuban Parahu tersebut cukup banyak mengandung zat belerang yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan wajah agar tampak lebih muda. Berkhasiat juga untuk perawatan serta pengobatan, khususnya penyakit kulit, seperti panu, kadas, dan penyakit kulit membandel seperti jerawat.

Baca Juga:  Curug Citambur, Surga Tersembunyi di Dekat Perbatasan Bandung dan Cianjur

5. Cimanggu Natural Hot Spring

Sumber mata air yang berada di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, ini menyajikan wilayah dataran tinggi yang masih alami, udaranya dingin, dan tenang suasananya. Hal tersebut karena diyakini bahwa sumber air panas di Cimanggu ini banyak mengandung zat yang bagus untuk meremajakan sekaligus pengobatan penyakit kulit, yakni sulfur atau belerang.

Kolam air panas Cimanggu memiliki tiga jenis kolam yang langsung mengalir langsungdari Gunung Patuha yang memiliki suhu 40-60 derajat Celsius. Cimanggu Natural Hot Spring juga memiliki kamar rendam khusus private yang di dalamnya tentu ada fasilitas yang lebih prifat.

Jadi, kalau kamu capek ataupun butuh istirahat, pergilah ke pemandian air panas, dijamin tubuh dan pikiranmu akan terasa segar kembali. Mau kapan berendamnya nih?