UMBandung
Edukasi

Inilah 8 Prospek Karier Bila Kamu Ambil Program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung

×

Inilah 8 Prospek Karier Bila Kamu Ambil Program Studi Ilmu Komunikasi UM Bandung

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM — Seperti kita mafhum, ilmu komunikasi merupakan studi interdisipliner yang mengintegrasikan linguistik, sosiologi, psikologi, antropologi, politik, dan ekonomi dalam membangun dasar keilmuannya. Lulusan program studi ini akan mengkaji proses komunikasi manusia mulai dari konseptualisasi ide, penyampaian, hingga penerimaan pesan verbal dan nonverbal.

Mahasiswa juga akan belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif baik secara langsung maupun melalui berbagai media (media massa, elektronik, digital). Dengan kemampuan yang dimiliki, lulusan program studi ilmu komunikasi ini akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan terutama yang bergerak di bidang media dan komunikasi.

Lantas, apakah kamu tertarik mengambil program studi ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung)? Nah, sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa cek terlebih dulu prospek karier program studi ilmu komunikasi berikut ini. Apa saja prospek kariernya?

Baca Juga:  Mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung Raih Prestasi Reels Competition

1. Public Relations/Humas

Public Relations/humas bertugas untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu yang membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Seorang Public Relations menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara perusahaan dengan stakeholders dan masyarakat.

2. Event Organizer

Bagi mahasiswa yang sering mengikuti organisasi dan menggelar event kampus bisa menjadi modal penting. Karena di dunia kerja, bekal tersebut bisa dilanjutkan menjadi seorang event organizer. Lulusan ilmu komunikasi dibutuhkan dalam industri ini karena memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, EO juga biasanya bisa bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan berbagai jenis event, seperti Ismaya, DBL Indonesia, Live Nation dan lain-lain.

3. Marketing Komunikasi

Tidak jauh berbeda dengan bidang EO, marketing komunikasi atau markom biasanya ada di berbagai perusahaan. Tugas seorang markom adalah membangun komunikasi pemasaran dengan strategi yang sesuai dengan target perusahaan. Tim markom juga seringkali menjadi posisi vital dalam berkembangnya sebuah perusahaan di mata masyarakat luas.

Baca Juga:  Inilah 6 Ungkapan Bahasa Indonesia dari Kata "Ibu"

4. Presenter

Jika kamu suka berbicara menyampaikan berita, profesi menjadi seorang presenter bisa menjadi pilihan tepat. Terlebih menjadi presenter televisi yang hebat bisa menjadi terkenal, lho. Sebut saja di Indonesia presenter top seperti Najwa Shihab, Feni Rose, Andy F. Noya, dan masih banyak lagi.

5. Wartawan

Lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi seorang wartawan karena memiliki kemampuan menulis dan menyampaikan informasi. Namun, bagi mahasiswa yang ingin menjadi seorang wartawan perlu memiliki keberanian dan komitmen agar bisa menyajikan berita yang layak dan benar bagi banyak orang.

Baca Juga:  Tak Terbendung, Maulana Ahsan Kembali Torehkan Prestasi!

6. Editor

Selain wartawan, dalam dunia jurnalistik juga ada seorang editor atau sering disebut dengan penyunting. Lulusan komunikasi yang menjadi editor bertugas untuk mencari, memperbaiki, dan mempublikasikan naskah.

7. Copy Writer

Bagi yang suka menulis kreatif, prospek kerja menjadi seorang copywriter sangat terbuka lebar untuk mahasiswa lulusan jurusan komunikasi. Seorang copywriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi nyaman, tidak jenuh membaca tulisan hingga akhir, dan mampu memikat pembaca.

8. Dosen

Sama halnya dengan jurusan lain, lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi seorang pengajar. Misalnya dengan menjadi seorang dosen, jika sudah memenuhi persyaratan pendidikan minimal magister (S2).

Nah, itulah 8 prospek karier jurusan ilmu komunikasi.***

PMB UM Bandung