UMBandung
Edukasi

Isi Kegiatan Pra KBM, Pesantren Muhammadiyah Al-Furqon Tasikmalaya Gelar Ngaji Literasi Bersama Jee Luvina

×

Isi Kegiatan Pra KBM, Pesantren Muhammadiyah Al-Furqon Tasikmalaya Gelar Ngaji Literasi Bersama Jee Luvina

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi istimewa.***

BANDUNGMU.COM, Tasikmalaya — Pondok Pesantren Muhammadiyah Al-Furqon Tasikmalaya menggelar kegiatan Ngaji Literiasi dengan tema “Ternyata Menulis itu Mudah” bersama penulis Jee Luvina.

Seminar Ngaji Literasi ini dilaksanakan di Al-Furqon Sport Center, Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Selasa (16/01/2024).

Tujuan Ngaji Literasi adalah untuk membantu santriwati agar dapat mengasah dan mengembangkan bakat menulisnya.

Ngaji Literasi diselenggarakan bekerja sama dengan Toko Buku Gramedia dengan menghadirkan salah satu penulis hebat Jee Luvina. Ia telah menerbitkan kurang lebih 201 buku.

Baca Juga:  Menag Lantik Rosihon Anwar Sebagai Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Periode 2023-2027

Hadi pada acara ini jajaran pimpinan, Kepala Madrasah Aliyah dan Kepala Madrasah Tsanawiyah, koordinator pembina putera, koordinator pembina puteri, guru, pembina, dan seluruh santri Pesantren Muhammadiyah Al-Furqon.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan workshop menulis yang dihadiri oleh 19 santriwan dan 19 santriwati, koordinator pembina puteri beserta dua orang pembina bagian organisasi.

Dalam workshop ini Jee menyampaikan bahwa dalam menulis cobalah untuk memulai dari penentuan secara umum. Kemudian masuk secara perlahan pada hal-hal yang lebih spesifik.

Baca Juga:  Kaderisasi IPM Secara Daring, Tercapaikah Esensinya?

“Menulis itu adalah jembatan komunikasi kita bersama diri sendiri untuk kemudian dapat memahami manusia lainnya,” katanya.

“Bahasa tulisan tidak lekang waktu. Oleh karena itu, perasaan apa pun ketika disampaikan lewat tulisan dapat menjadi salah satu langkah baik untuk menciptakan jiwa yang sehat,” tegasnya.

Jee berharap dengan diselenggarakannya seminar ngaji literasi ini dapat membantu santri memahami dirinya sendiri untuk kemudian dibagikan kebaikannya kepada orang-orang di sekitarnya.***

Seedbacklink
Opini

Oleh: Sudarman Supriyadi, Peminat literasi dan sosial-keagamaan BANDUNGMU.COM…