UMBandung
News

Konpiwil IPM Jabar Komitmen Wujudkan Pendidikan Yang Menjunjung Tinggi Kearifan Lokal dan Kemanusiaan

×

Konpiwil IPM Jabar Komitmen Wujudkan Pendidikan Yang Menjunjung Tinggi Kearifan Lokal dan Kemanusiaan

Sebarkan artikel ini
Foto istimewa.

BANDUNGMU.COM, Sumedang — Pada Jumat (14/06/2024), Konferensi Pimpinan Wilayah (Konpiwil) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Barat digelar di Gedung Tampomas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Acara ini dihadiri oleh ratusan pemuda-pemudi pelajar Muhammadiyah dari seluruh Jawa Barat. Mereka membahas strategi untuk menyiapkan generasi emas yang tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi berakhlak mulia, memiliki karakter kuat, serta komitmen tinggi terhadap nilai-nilai luhur bangsa.

Dengan tema yang menggugah, peserta Konpiwil berdialog, berbagi ide, dan merumuskan langkah-langkah konkret untuk memastikan pendidikan yang berkualitas mencakup aspek akademis dan moral. Diskusi intensif dilakukan untuk merancang program-program pendidikan dan pengembangan diri yang dapat mencetak generasi berdaya saing global tetapi tetap berakar pada nilai-nilai kebangsaan.

Baca Juga:  Mantap! Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi Dirikan Universitas

“Persiapan generasi emas bukan hanya tentang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi semata, melainkan pembentukan karakter yang kuat dan komitmen pada nilai-nilai kebangsaan yang luhur. Pendidikan harus menjadi wahana untuk membentuk insan yang berintegritas dan bertanggung jawab,” ujar Imas Indrawati, seorang Analis Kebijakan Ahli Muda, saat memberikan sambutan.

Konpiwil ini juga menekankan pentingnya peran orang tua, guru, serta masyarakat dalam membantu pembentukan karakter dan moralitas generasi muda. Selain itu, sinergi antara lembaga pendidikan dan berbagai elemen masyarakat juga dianggap penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan holistik peserta didik.

Baca Juga:  Bangun Budaya Akademik, Mahasiswa Pascasarjana UIN Bandung Luncurkan Kelas Menulis

Konferensi ini diakhiri dengan pembacaan komitmen bersama untuk terus bekerja keras mewujudkan visi dan misi pendidikan yang menjunjung tinggi kearifan lokal dan nilai-nilai kemanusiaan. Dengan semangat yang menggebu-gebu, para peserta meninggalkan Gedung Tampomas dengan tekad yang bulat untuk menjadi agen perubahan dalam membangun masa depan yang gemilang bagi bangsa dan negara.***

PMB UM Bandung