Life Style

Langkah-Langkah Operasi LASIK Mata yang Aman dan Nyaman!

×

Langkah-Langkah Operasi LASIK Mata yang Aman dan Nyaman!

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM — Bagi Anda yang mengalami gangguan penglihatan, kini bisa dilakukan operasi tanpa menimbulkan rasa sakit. Ya, LASIK ialah kependekan dari Laser Assisted In-Situ Keratomileusis. Sebuah tindakan medis yang menghasilkan penglihatan yang lebih baik bagi para penderita penyakit mata.

Dalam sisi praktisnya, LASIK Mata dilakukan operasi dengan memanfaatkan laser untuk membentuk kembali kornea, atau bagian yang jernih dan bulat pada bagian depan mata.

LASIK adalah sebuah solusi bagi para pasien yang menderita kelainan refraksi/gangguan penglihatan seperti yang disebutkan di atas. LASIK merupakan prosedur permanen yang dapat menghilangkan ketergantungan pemakaian kacamata atau lensa kontak.

LASIK memberikan sebuah pengalaman yang nyaman dan menyenangkan. Tindakan ini tidak menggunakan “pisau” sama sekali menggunakan teknologi laser excimer yang telah disetujui oleh FDA untuk mengoreksi penglihatan pasien.

Baca Juga:  Skema Ponzi dalam "Tiktok Cash" Menipu. Inilah 5 Cara Cermat Sebelum Investasi

LASIK berlangsung dengan cepat serta tidak menimbulkan rasa sakit, dan pemulihannya pun cepat dengan hasil yang menakjubkan!

Operasi Lasik ini dapat dilakukan pada pasien berikut:

1. Kelainan refraksi,
2. Rabun jauh/mata minus (miopia),
3. Rabun dekat/mata plus (hipermetropia)
4. Mata silinder (astigmatisme).

Langkah operasi LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis) meliputi beberapa tahapan. Berikut adalah ringkasannya:

Pemeriksaan Awal

Dokter mata akan melakukan pemeriksaan awal untuk menentukan apakah Anda adalah kandidat yang cocok untuk operasi LASIK. Ini meliputi pemeriksaan mata menyeluruh dan pengukuran ketebalan kornea.

Baca Juga:  Inilah 5 Kuliner Legendaris Jawa Barat Yang Masih Eksis Hingga Hari Ini

Pemetaan Mata dengan Teknologi Laser

Sebelum operasi, mata Anda akan dipetakan dengan teknologi laser khusus untuk mendapatkan gambaran rinci tentang struktur mata Anda.

Anestesi Mata

Sebelum operasi dimulai, mata Anda akan diberi tetes anestesi untuk memastikan Anda tidak merasakan rasa sakit selama prosedur.

Penciptaan Flap Kornea

Dokter akan menggunakan alat mikrokeratome atau femtosecond laser untuk membuat flap tipis di permukaan kornea. Flap ini kemudian dilipat untuk mengakses jaringan di bawahnya.

Pemodelan Kornea dengan Laser

Dengan menggunakan laser eksimer, dokter akan mengubah bentuk kornea untuk memperbaiki refraksi mata dan memperbaiki masalah penglihatan.

Penutupan Flap Kornea

Setelah pemodelan selesai, flap kornea akan diletakkan kembali ke posisinya dan akan menempel dengan sendirinya tanpa perlu jahitan.

Baca Juga:  Gunakan Motor Saat Musim Hujan, Inilah 6 Persiapan Sebelum Berkendara

Pemulihan Pasca-Operasi

Pasca operasi, Anda akan diizinkan beristirahat sejenak di ruang pemulihan. Dokter akan memberi instruksi untuk merawat mata Anda selama beberapa hari setelah operasi.

Pemeriksaan Pasca-Operasi

Beberapa hari atau minggu setelah operasi, Anda akan menjalani pemeriksaan pasca-operasi untuk memastikan bahwa penyembuhan berjalan dengan baik dan visi Anda membaik.

Tindak Lanjut

Dokter mata Anda akan memberikan instruksi untuk perawatan pasca-operasi dan jadwal pemeriksaan tindak lanjut untuk memastikan kesuksesan operasi.

Ingatlah bahwa prosedur LASIK adalah prosedur medis, pastikan untuk mendiskusikan semua pertanyaan atau kekhawatiran Anda dengan dokter mata Anda sebelum memutuskan untuk menjalani operasi.***