UMBandung
News

Mahasiswa KPI UM Bandung Tambah Wawasan Tentang Film di Rhaya Flicks

×

Mahasiswa KPI UM Bandung Tambah Wawasan Tentang Film di Rhaya Flicks

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung – Sebanyak 13 mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester 6A Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung melakukan kunjungan media ke Rhaya Flicks, di Ruby Commercial Nomor 170, Summarecon, Gedebage, Kota Bandung, pada Selasa (09/07/2024). Rhaya Flicks adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asesmen film.

Ketua Program Studi KPI UM Bandung Rahmat Alamsyah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperluas wawasan dan pemahaman mahasiswa KPI UM Bandung tentang berbagai aspek dalam industri film, khususnya produksi, distribusi, dan pemasaran film. Selain itu, lanjut Rahmat, kegiatan ini juga merupakan bagian dari mata kuliah dakwah digital dan entrepreneurship.

Kegiatan kunjungan media ini bukan sekadar menghadiri acara, melainkan bagian dari kurikulum yang dirancang untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa KPI dalam industri yang sedang berkembang pesat saat ini.

“Tentu kami berharap pengalaman ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan praktis para mahasiswa KPI. Namun, juga bisa menginspirasi untuk berkontribusi lebih dalam kemajuan perfilman di masa depan, terutama film yang memiliki karakteristik dakwah,” ujar Rahmat.

Prospek dakwah

Saat kunjungan, para mahasiswa diterima oleh Agung, Ginan, dan Futih, para pimpinan dari Rhaya Flicks. Dalam suasana yang akrab dan santai, mahasiswa mendengarkan pemaparan tentang industri perfilman Indonesia dan prospek dakwah pada bidang seni, budaya, dan film.

Baca Juga:  Yuk, Mengenal Budaya dan Kebiasaan Warga Kampung Adat Miduana Cianjur

Setelah itu, para mahasiswa KPI UM Bandung juga mendapat kesempatan bertanya dan diskusi mengenai proses kreatif dalam pembuatan film, strategi distribusi yang efektif, serta teknik pemasaran yang inovatif dalam industri yang semakin kompetitif seperti saat ini.

“Film saat ini bukan sekadar hiburan, melainkan merupakan cerminan dari perkembangan budaya dan teknologi zaman kita. Melalui film, kita dapat mengeksplorasi dan mengapresiasi berbagai aspek kehidupan, mulai dari nilai-nilai sastra hingga keindahan visual dan perpaduan audio yang memukau,” ungkap CEO Rhaya Flicks Futih Aljihadi dalam sesi berbagi pengalaman dengan mahasiswa.

Baca Juga:  Siswa dan Mahasiswa Belajar di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah, Dadang Kahmad: Kalian Tidak Salah Pilih!

Pada kunjungan ini juga para mahasiswa KPI UM Bandung berkesempatan bertemu dengan staf Rhaya Flicks. Para mahasiswa melihat seperti apa dan bagaimana alur kerja hingga proses asesmen sebuah film.***(Cahnia Cendi)

PMB UM Bandung