UMBandung
News

Mahasiswa KPI UM Bandung Tingkatkan Keterampilan Digital Melalui Workshop

×

Mahasiswa KPI UM Bandung Tingkatkan Keterampilan Digital Melalui Workshop

Sebarkan artikel ini
Foto: Hima KPI UM Bandung.

BANDUNGMU.COM, Bandung – Para mahasiswa UM Bandung yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa (HIMA) Komunikasi dan Penyiaran Islam sukses mengadakan Workshop Digital Marketing pada Sabtu (08/06/2024).

Mengusung tema “How To Optimize Social Media Marketing For Business and Branding”, kegiatan ini berlangsung di Lantai 5 Ruang 12 Gedung UM Bandung. Acara ini dihadiri oleh anggota Hima KPI UM Bandung, Hima KPI Universitas Islam Nusantara, Hima KPI UIN Sunan Gunung Djati, serta peserta dari berbagai program studi lintas kampus.

Workshop Digital Marketing menghadirkan narasumber Rizky Julians, seorang digital creator sekaligus Founder Kireative Group. Dalam acara yang berupa sesi berbagi ini, Rizky Julians mengungkapkan keresahannya tentang industri kreatif saat ini, terutama ketika menerima umpan balik negatif di media sosial.

“Sekarang di era teknologi, muncullah istilah digital marketing, di mana penjualan memanfaatkan dunia digital, salah satunya melalui platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook. Tantangannya adalah kita harus bisa beradaptasi dengan platform tersebut karena algoritmanya berubah dan pengaturannya juga berubah. Jadi, kita setiap saat harus mengulik data-data yang ada di sana,” ucap Rizky.

Baca Juga:  Prodi Akuntansi Gemborkan Pentingnya Sustainability Report Bagi Perusahaan

Selain itu, tantangan sebagai digital creator memberikan pelajaran-pelajaran penting bagi Rizky, yang kemudian dapat dibagikan dalam Workshop Digital Marketing kali ini. “Saya sering mendapatkan feedback negatif dari netizen di Indonesia. Saya mengambil poin-poin penting yang bisa dievaluasi. Ke depannya, saya akan terus berkarya di industri digital agar mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi,” ujar Rizky.

Bisnis digital

Ketua pelaksana Workshop Digital Marketing, Shofie Fahhama Nisa, menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk memberdayakan peserta dengan pengetahuan dan keterampilan. “Tujuan workshop ini adalah memberdayakan peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam lingkungan bisnis digital yang dinamis ini,” ungkap Shofie.

Selain itu, Shofie juga berharap acara workshop ini dapat membantu mencapai visi dan misi untuk menjadi daipreneur, khususnya bagi mahasiswa KPI UM Bandung. “Harapannya, mahasiswa KPI yang mengikuti Workshop Digital Marketing ini dapat mencapai visi dan misi menjadi daipreneur dengan bekal keterampilan yang mereka peroleh dari workshop ini,” lanjutnya.

Baca Juga:  Rangkaian KKN UM Bandung Resmi Ditutup Dengan Kegiatan Expo

Sementara itu, dalam sambutannya, dosen KPI Syarif Syahidin memberikan apresiasi atas terselenggaranya Workshop Digital Marketing ini. Ia mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan media sosial sebaik mungkin agar dapat memberikan manfaat yang positif. “Saya merasa bangga dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan yang positif ini terkait digital marketing. Bagaimana kita dapat menggunakan media sosial tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga memanfaatkannya sebaik mungkin agar memberikan manfaat positif,” ujar Syarif.

Edukasi yang inklusif

Pada kesempatan yang sama, Ketua Hima KPI, Raden Mohammad Hanif, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Hima KPI dalam bidang usaha dan bisnis. “Penyelenggaraan Workshop Digital Marketing ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang inklusif serta menjadi daya tarik agar lebih banyak orang tertarik mengikuti Workshop Digital Marketing yang diselenggarakan oleh Hima KPI,” jelas Raden.

Baca Juga:  PESONAMU UM Bandung Hari Kedua Kenalkan Program Studi, Alur Akademik, Hingga Hima

Salah satu peserta workshop, Azhar, memberikan penilaian dan kesan selama kegiatan berlangsung dari awal hingga selesai. Menurutnya, kegiatan ini memberikan wawasan dan informasi baru mengenai pemanfaatan berbagai media baru.

“Workshop digital marketing ini sangat seru, terutama karena hadir di zaman sekarang dengan banyaknya media-media baru. Sebagai generasi muda, kita harus memanfaatkan media-media tersebut untuk kepentingan finansial kita. Tentunya ini sangat berperan penting dalam meningkatkan taraf ekonomi, kualitas ekonomi, dan membangun citra di kehidupan bermasyarakat melalui media baru tersebut,” kata Azhar.

Nurul, peserta lainnya, juga memberikan kesannya. “Kesan saya, kegiatan ini sangat seru dan ini pertama kali saya datang ke UM Bandung. Saya bisa berkenalan dengan beberapa mahasiswa KPI. Orang-orangnya ramah-ramah. Harapannya, semoga nanti jika ada event-event lain, bisa lebih bagus lagi,” ucap Nurul.***(Rahmi/Nurul/Riani)

PMB UM Bandung