UMBandung
News

Majelis Tablig PDM Pemalang Gelar Rakerda dan Pengukuhan Korps Mubalig Muhammadiyah

×

Majelis Tablig PDM Pemalang Gelar Rakerda dan Pengukuhan Korps Mubalig Muhammadiyah

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Pemalang — Majelis Tablig Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Pengukuhan Korps Mubalig Muhammadiyah (KMM).

Rakerda diselenggarakan untuk menyampaikan program tablig daerah yang bisa diduplikasi ke Majelis Tablig PCM. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Dakwah PDM Pemalang pada Ahad (17/12/2023).

Dalam acara tersebut hadir perwakilan Majelis Tablig dari masing-masing cabang se Kabupaten Pemalang dan anggota KMM yang akan dikukuhkan.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia dan Sang Surya. Acara kemudian dilanjut dengan sambutan-sambutan.

Baca Juga:  Panwascam Astanaanyar Kota Bandung Terus Matangkan Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Ketua Majelis Tablig PDM Pemalang Bahtiar Effendi menyampaikan bahwa Rakerda ini adalah untuk membuat sebuah program kerja bidang dakwah bagaimana menyiarkan pergerakan dakwah Muhammadiyah.

Ruhnya Muhammadiyah itu ada di pengajian, oleh karena itu, Majelis Tablig mulai dari ranting hingga daerah mengadakan pengajian.

Hal senada juga disampaikan Ketua PDM Pemalang Bidang Tablig KH Ahmad bahwa tablig hari ini banyak diisi oleh anak-anak muda.

Oleh karena itu, pembaharuan dakwah harus senantiasa dilakukan agar dakwah bisa lebih menarik jamaah. Maka dari itu, anak-anak muda harus semangat dalam berdakwah.

Baca Juga:  Kesopanan Warganet Rendah, Muhammadiyah Perkuat Kesalehan Digital

Sementara itu, hadir pula mengisi dan mengukuhkan Korps Mubalig Muhammadiyah Ketua Majelis Tablig PWM jawa Tengah Ali Trigiyatno.

Dalam sambutannya pasca pengukuhan, Ali menyampaikan bahwa kehadiran Korps Mubalig harus mampu memberikan warna dakwah di tengah masyarakat.

“Korps Mubalig Muhammadiyah merupakan wadah bagi mubalig Muhammadiyah untuk berkiprah lebih banyak bagi Persyarikatan dan umat. Terutama di era dakwah digital di mana hari ini belum banyak mubalig Muhammadiyah yang berkiprah di medsos, sementara konten-konten dari organisasi lain sudah begitu ramai,” Ali.

Baca Juga:  Xenophobia dan Manusia Digital

Kegiatan Rakerda ini ditutup dengan pelatihan dakwah medsos yang diisi oleh pakar dakwah digital yang juga anggota Majelis Tablig Pemalang Hanifudin.

Dalam pelatihannya peserta Rakerda yang hadir dilatih bagaimana membuat konten yang menarik dan juga menghadirkan viewers yang banyak.

Ke depan hasil pelatihan dakwah medsos ini diharapkan bisa muncul akun-akun dakwah dari mubalig Muhammadiyah Pemalang sehingga dakwah lebih berwarna dan menarik dan memberikan pencerahan kepada umat.***(Red/FA/MPI Pemalang)

PMB UM Bandung