UMBandung
Opini

Membangun Masa Depan Unggul: Mengapa Sekolah Sangat Penting

×

Membangun Masa Depan Unggul: Mengapa Sekolah Sangat Penting

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi (Istockphoto)

Oleh: Sudarman Supriyadi, Peminat Literasi, Politik, dan Sosial-Kegamaan

BANDUNGMU.COM — Sekolah merupakan tonggak pendidikan yang memberikan landasan kuat bagi perkembangan individu dan masyarakat.

Proses belajar-mengajar di sekolah tidak hanya memberikan pengetahuan. Namun, membentuk karakter, keterampilan, dan perspektif yang membawa dampak jangka panjang.

Dalam pandangan banyak tokoh terkemuka, pentingnya sekolah tidak hanya sebatas pemberian ilmu pengetahuan, melainkan juga sebagai kunci menuju masa depan yang unggul.

Salah satu tokoh yang memberikan pandangan tajam mengenai pentingnya pendidikan adalah Nelson Mandela.

Beliau pernah mengatakan, “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kita gunakan untuk mengubah dunia.”

Baca Juga:  UNIMUS Siap Perkuat Implementasi Hasil Muktamar 48 Muhammadiyah di Lingkungan Kampus

Kata-kata ini mencerminkan keyakinan bahwa melalui pendidikan, seseorang dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas, mendorong perubahan positif, dan menghadapi tantangan dunia dengan lebih baik.

Sekolah tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan akademis. Namun, juga memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan moral seseorang.

Menurut pendapat Mahatma Gandhi, “Pendidikan yang sejati bukan hanya sekadar mengisi otak dengan fakta-fakta, melainkan membentuk karakter.”

Artinya, sekolah berperan dalam membimbing peserta didik untuk menjadi individu yang bertanggung jawab, beretika, dan memiliki nilai-nilai moral yang kuat.

Baca Juga:  Isi Kuliah Umum di UM Bandung, Ini Pesan Penting Prof Lincolin Arsyad

Pentingnya pendidikan juga tercermin dalam pandangan Malala Yousafzai, seorang aktivis pendidikan perempuan. Ia pernah menyampaikan, “Satu buku, satu pena, satu anak, dan satu guru bisa mengubah dunia.”

Pernyataan ini menekankan bahwa pendidikan adalah kunci untuk membebaskan individu dari keterbatasan, mengembangkan potensi maksimal, dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Pendidikan di sekolah juga membuka pintu peluang yang luas bagi setiap individu.

Michelle Obama, mantan Ibu Negara Amerika Serikat, mengungkapkan, “Pendidikan adalah investasi terbaik yang bisa kita berikan pada anak-anak kita. Kunci untuk membuka masa depan yang sukses dan memenuhi potensi terbaik mereka.”

Baca Juga:  Pancasila Dilaksanakan, Jangan Diingkari

Pendidikan memberikan akses kepada pengetahuan, keterampilan, dan kesempatan untuk meraih impian dan mencapai keberhasilan.

Dengan melihat pandangan tokoh-tokoh tersebut, jelaslah bahwa sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk individu dan membangun masa depan yang unggul.

Pendidikan bukan hanya hak, tetapi juga tanggung jawab bersama untuk menciptakan generasi yang cerdas, beretika, dan siap menghadapi dinamika dunia.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mengapresiasi dan mendukung sistem pendidikan untuk menciptakan masyarakat yang lebih maju dan berbudaya.***

PMB UM Bandung