Menggali Potensi Mahasiswa Berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

oleh -
Rektor UMBandung Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU. saat memberikan keterangan usai acara Pesonamu di Auditorium UMBandung, Rabu (06/10/2021). (Dok. UMBandung).

BANDUNGMU.COM – Para mahasiswa di kampus Muhammadiyah, khususnya di Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung), harus belajar dengan baik, menggali potensi dan mengembangkannya untuk menghadapi era penuh ketidakpastian dengan berbasis Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Hal itu disampaikan Rektor UMBandung Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., IPU. saat menutup rangkaian acara pekan sosialisasi dan orientasi mahasiswa baru (Pesonamu) di Auditorium UMBandung, Rabu (06/10/2021).

”Saya melihat pelaksanaan Pesonamu 2021 memang tidak dalam keadaan ideal ya karena dilaksanakan secara online. Namun, alhamdulillah tetap berlangsung secara baik. Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada ketua pelaksana serta seluruh jajaran panitia Pesonamu 2021 yang sudah bekerja keras juga para mahasiswa yang telah ikut berpartisipasi,” ucap Prof. Herry.

Prof. Herry menyampaikan harapan, selain berbekal Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta ditunjang dengan giat belajar, para mahasiswa lulusan UMBandung juga harus punya dasar technopreneur.

”Insyaallah untuk hardskill-nya akan dipelajari di UMBandung juga ditambah dengan softskill-nya sehingga mudah-mudahan nanti para mahasiswa setelah diwisuda akan menjadi technopreneur yang tangguh, yang punya basis nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan, serta berbakti kepada bangsa dan negara,” tutur Prof. Herry.

Terkait Pesonamu tahun depan seperti apa, mantan Rektor IPB ini berharap Pesonamu tahun 2022 sudah dapat diselenggarakan secara langsung di kampus.

”Hal ini penting karena untuk membentuk suasana keakraban di kalangan para mahasiswa baru dengan para kakak kelasnya. Kita semua sudah menjadi bagian dari keluarga besar UMBandung yang saling menghormati, saling menyayangi, dan bersama-sama belajar di kampus yang ber-tagline islamic technopreneur university ini. Intinya, Pesonamu tahun ini keren,” pungkas Prof. Herry.

Gali potensi

Pada waktu yang sama, Ketua Pelaksana Pesonamu 2021 Endang Irawan, S.Sos., M.A.P. merasa gembira dan bersyukur karena Pesonamu yang digelar selama tiga hari bisa berjalan dengan lancar.

Endang mengatakan bahwa Pesonamu tahun ini, ada satu kalimat, yakni mengembangkan potensi para mahasiswa, dan ini sudah keren, sudah bagus. Potensi para mahasiswa sudah bisa terlihat.

”Bahkan dari sebelum Pesonamu, hari kesatu, hari kedua, dan ketiga, potensi para mahasiswa sudah kelihatan, tinggal dikembangkan saja. Kami berharap nanti program studi di lingkungan UMBandung bisa mengangkat dan mengembangkan potensi para mahasiswa sehingga mereka bisa meraih prestasi di UMBandung yang kita cintai ini,” tutur Endang.

Ditegaskan Endang, terkait tema Pesonamu tahun ini, yakni “Menumbuhkan Spirit Inovatif dan Kolaboratif dalam Mengembangkan Potensi Mahasiswa untuk Indonesia Tangguh”, ada beberapa hal yang menarik.

Pertam tentang bagaimana menumbuhkan spirit atau semangat. Yang kedua kolaboratif yakni bagaimana berkolaborasi dengan seluruh stakeholders yang ada.

”Di situ berkolaborasi untuk mengembangkan potensi (para mahasiswa) yang ada. Kami menyampaikan bahwa para mahasiswa punya potensi yang unik dan itu sudah oke kelihatan. Mudah-mudahan mereka bisa meraih prestasi di UMBandung,” kata Endang.

”Terkait pesan untuk para mahasiswa baru, kami mengajak para mahasiswa untuk teruskan menggali potensi yang ada, tingkatkan kemampuan, raih prestasi, dan jangan lupa lulus tepat waktu,” pungkas Endang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *