UMBandung
News

Menyuarakan Bakat Mahasiswa: Expo Ilmu Komunikasi UM Bandung Menjadi Panggung Kreativitas Yang Menginspirasi

×

Menyuarakan Bakat Mahasiswa: Expo Ilmu Komunikasi UM Bandung Menjadi Panggung Kreativitas Yang Menginspirasi

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi UKM Bewara Pers.***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Prodi Ilmu Komunikasi UM Bandung kembali menggelar Expo Ilmu Komunikasi yang bertajuk “Show Your Modern Creativity” di Ruang Dosen kampus ini pada Senin (22/01/2024).

Expo Ilmu Komunikasi edisi kedua ini berlangsung dari Senin-Selasa (22-23/012024).

Kegiatan yang berlangsung meriah ini diikuti mahasiswa Ilmu Komunikasi dari angkatan 2020 hingga 2023. Sementara itu, pada hari pertama sebanyak 253 peserta ikut memeriahkan keberlangsungan Expo Ilmu Komunikasi kali ini.

Ada berbagai acara dan penampilan kreatif mahasiswa yang kemudian dipresentasikannya di depan para sivitas akademika UM Bandung, baik dari latar belakang kehumasan maupun jurnalistik.

Baca Juga:  Tingkatkan Publikasi Ilmiah, Rumah Jurnal UIN Bandung Gelar Workshop Jurnal Indeksasi Scopus dan Manajemen Konferensi

Hal ini dilakukan karena Expo Ilmu Komunikasi merupakan bentuk luaran mata kuliah sebagai proyek tugas akhir yang ditransmisikan menjadi sebuah acara.

Berbagai karya mahasiswa yang ditampilkan meliputi berbagai jenis. Misalnya Sustainable Development Goals (SDGs) yang termasuk dalam mata kuliah Kapita Selekta Islam dan Komunikasi.

Kemudian, ada penampilan video hasil karya dari mata kuliah Sinematografi Humas & Jurnalistik lalu penampilan video teori komunikasi.

Ada juga penampilan video literasi media digital, penampilan video broadcasting jurnalistik, hingga penampilan catwalk dengan busana dari berbagai daerah dan negara.

Kaprodi Ilmu Komunikasi UM Bandung Dra Euis Evi Puspitasari MSi mengapresiasi kegiatan ini. Euis menjelaskan bahwa expo mempunyai prospek yang sangat baik.

Baca Juga:  Sehat Lahir Batin Dengan Menyebarkan Salam, Salat Tahajud, dan Silaturahmi

Ke depannya, kata Euis, kegiatan ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi agenda fakultas. Tidak hanya dilakukan prodi Ilmu Komunikasi, ucap Euis, tetapi oleh prodi lainnya.

“Insyaallah karena itu sudah menjadi program di prodi sebagai luaran, outcome-nya kemudian malah dari pihak dekan melihat prospek yang baik dari expo ini kemungkinan akan menjadi agenda fakultas,” tutur Euis.

“Jadi, tidak hanya prodi Ilmu Komunikasi. Selama ini juga prodi Kriya Tekstil & Fashion memang luaran mata kuliah mereka berupa expo karena memang mereka display hasil karya mahasiswa,” tandas Euis.

Baca Juga:  Gempa Merupakan Takdir Indonesia, Solusinya Mitigasi dan Bangunan Tahan Gempa

Sementara itu, Ketua Pelaksana Expo Almira Sufinur Aziziah menyampaikan bahwa acara ini merupakan sarana yang diberikan kepada para mahasiswa Ilmu Komunikasi agar mereka lebih mengenal minat dan bakat masing-masing.

“Jadi, enggak semata-mata ingin dapat A dari dosen. Namun, ini adalah ajang atau media untuk teman-teman mahasiswa agar bisa mengasah dan menunjukkan bakatnya,” kata Almira.

“Misalnya dari yang enggak tahu jadi tahu, yang dari enggak jago jadi jago, yang sudah tahu jadi semakin tahu, sampai mahir gitu. Nah, itu latar belakangnya,” pungkas Almira.***(TS/WF/Bewara Pers)

PMB UM Bandung