UMBandung
News

Muhammadiyah Cabang Hongaria Berdiri! Promosikan Islam Berkemajuan di Eropa

×

Muhammadiyah Cabang Hongaria Berdiri! Promosikan Islam Berkemajuan di Eropa

Sebarkan artikel ini
muhammadiyah hungaria

BANDUNGMU.COM – Mengutip berita dari PWMU.CO, bahwa Cabang Istimewa Muhammadiyah Hongaria secara resmi berdiri melalui Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 508/SEP/I.0/B/2021.

“Terhitung sejak tangal 13 Rajab 1442 H/25 Februari 2021 M, menetapkan berdirinya Cabang Istimewa Muhammadiyah Honggaria berkedudukan di Honggaria,” bunyi salah satu keputusan dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Umum Prof Dr Haedar Nashir MSI dan Sekretars Umum Prof Dr Abdul Mu’ti MEd.

Diskusi WhatsApp

Sekretaris PCIM Honggaria Achmad Hidayatullah menceritakan asal-usul berdirinya Cabang Istimewa Muhammadiyah Honggaria.

“Pada kurung waktu tahun 2017- 2019 banyak kader Muhammadiyah yang berhasil lolos beasiswa Stipendium Hungaricum untuk studi doktoral di Hungaria,” ujarnya.

Dia menjelaskan, latar belakang pekerjaan mereka bermacam-macam. Namun secara umum bisa dikelompokkan menjadi dua tipe. Yakni yang berasal dari perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) dan non-PTM.

Dayat—sapaaan akrab Achmad Hidayatullah—menceritakan, di Honggaria, secara tidak sengaja para mahasiswa itu saling berkenalan. Akhirnya terbentuk sebuah WhatsApp Group (WAG) bernama Sang Surya yang dibuat oleh Hazim Hamid. “Melalui group ini terjaring anak-anak Muhammadiyah,” kata dia.

Baca Juga:  Jejak Dedikasi dan Pengabdian Luar Biasa KH Moch Miskun Asy-Syatibi

Akhirnya, pada beberapa momen terjadilah perbincangan cukup serius anggota GWA Sang Surya mengenai pentingnya pembentukan PCIM Hongaria. “Ada kesadaran dari anak-anak Muhammadiyah untuk melebarkan sayap dakwah Muhammadiyah di Hungaria,” ujarnya.

Tentu, sambung dia, tidak semua anggota GWA Sang Surya aktif dalam pembentukan PCIM. Hal ini bisa dimaklumi, karena latar belakang yang beragam dan motivasi dari anak-anak Muhammadiyah yang tengah melakukan studi lanjut.

Para Pendiri

Akhirnya mereka yang aktif itu sepakat membuat GWA baru untuk mendiskusikan pendirian PCIM Hongaria. Dayat menjelaskan, pada pertemuan kedua, keenam orang itu melakukan diskusi dengan tambahan kader yang bersedia untuk bergabung dalam dakwah PCIM dan pembentukan struktrurnya.

Mereka adalah Afriza Umami dari Stikes Muhammadiyah Bojonegoro (sedang studi di university of Szeged), Listiani dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (studi di University of Szeged), dan Feisal Aziz dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (studi di Pazmany Peter Chatolic University).

Baca Juga:  Dosen Universitas Muhammadiyah Bandung Ciptakan Roti Berbahan Dasar Hanjeli

Pada rapat terakhir anggota bertambah dua orang. Yaitu Indri Puspitasari, seorang peneliti yang tengah berjuang di Hungaria dan Fitria Arifiyanti dari Universitas Tanjungpura yang studi di University of Szeged.

“Dengan latar belakang di atas, akhirnya dengan semangat dan optimis dan dukungan dari berbagai pihak, kader dan anak-anak Muhammadiyah sepakat mendirikan Cabang Istimewa Muhammadiyah Hungaria pada hari Sabtu tanggal 2 Januari 2021 melalui Zoom,” ungkapnya.

Islam Berkemajuan di Eropa

Achmad Hidayatullah menjelaskan, ke depan PCIM Hongaria siap mempromosikan Islam berkemajuan di dunia, khususnya di Eropa.

“Bentuknya kita akan terlibat dalam dialog dan gerakan intelektual keagamaan, terkait isu kerusakan lingkungan, kesetaraan gender, kesehatan, sosial, dan pendidikan,” ungkap dia.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Muhammadiyah Soal Pandangan Suara Perempuan Adalah Aurat

Harapan PCIM Hungaria, ke depan bisa memberikan warna terhadap Islam di Eropa yang berciri khas Islam berkemajuan. “Selain itu kami berharap dakwah PCIM Hungaria dapat di terima masyarakat Eropa,” harapnya.

Dayat juga menyampakan tantangan dakwah di Hongaria yaitu banyaknya anak muda di Eropa yang tidak percaya Tuhan. “Ini menjadi tantangan bagi kami,” jelasnnya, di samping tantangan soal perbedaan budaya dan bahasa.

Anggota PCIM Hongaria 2021–2023:

Ketua: Hazim Hamid
Sekretaris: Achmad Hidayatullah
Bendahara: Listiani

Majelis Dakwah dan Pendidikan Kader:

Ketua: Arya Wanda Wirayuda
Anggota: Miratul Alifah, Nurul Musdholifah

Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup:

Ketua: Afriza Umami
Anggota: Indri Puspitasari

Majelis Pembina Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat:

Ketua: Dedy Subandowo
Anggota: Wongso Adi Saputra, Fitria Arifiyanti

Majelis Riset Pustaka dan Informasi:

Ketua: Arif Singapurwoko
Anggota: Hanif Akhtar, Feisal Aziz

Sumber: PWMU.CO

Seedbacklink