UMBandung
News

Punya Kantor Baru, LRM Muhammadiyah Diharapkan Berkinerja Lebih Maksimal dalam Merespons Bencana

×

Punya Kantor Baru, LRM Muhammadiyah Diharapkan Berkinerja Lebih Maksimal dalam Merespons Bencana

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Lembaga Resiliensi Bencana Muhammadiyah (LRB) atau yang dikenal dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Barat meresmikan Kantor Kebencanaan Muhammadiyah yang baru pada Selasa (04/06/2024). Kantor kebencanaan ini berlokasi di Jalan AH Nasution Nomor 228, Cipadung Kulon, Panyileukan, Kota Bandung.

“Dengan adanya kantor yang baru diharapkan ke depannya kinerja Lembaga Resiliensi Bencana Muhammadiyah Jawa Barat akan semakin optimal, efektif, dan efisien dalam merespons setiap bencana yang terjadi di Jawa Barat,” ujar Ketua LRB-Muhammadiyah Jawa Barat Peri seperti dikutip dari laman resmi PWM Jabar.

Kantor baru ini akan digunakan sebagai pusat koordinasi dan penyimpanan peralatan kebencanaan milik Lembaga Resiliensi Bencana Muhammadiyah Jawa Barat. Selain itu, kantor ini juga akan difungsikan sebagai kantor layanan Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Barat.

Baca Juga:  Keutamaan Bulan Maharam Berdasarkan Hadis

Menurut Wakil Ketua Harian Lazismu Jawa Barat, Endang, kehadiran Lazismu di kantor ini bertujuan untuk mengoptimalkan dan memperluas kegiatan fundraising guna mendukung setiap program kemanusiaan, terutama dalam bidang kebencanaan.

Sementara itu, Wakil Ketua PWM Jabar KH Suhada dalam sambutannya memberikan arahan dan apresiasi kepada MDMC yang memiliki rekam jejak cemerlang dalam penanganan bencana.

“Saya ingat betul saat terjadi longsor di Sumedang, Dandim Sumedang sangat mengapresiasi kinerja MDMC. Mereka merasa terbantu dengan dukungan yang diberikan oleh MDMC, terutama dalam hal manajemen posko atau manajemen bencana. Saat itu Dandim Sumedang mengatakan kalau tentara memiliki kecepatan 100 persen dalam menjalankan tugas, MDMC memiliki kecepatan 99,99 persen,” ungkap KH Suhada.

Baca Juga:  Mantan Ketua PW Muhammadiyah Jawa Barat KH Ayat Dimyati Wafat

LRB merupakan Lembaga Unsur Pembantu Pimpinan yang dibentuk pada tahun 2010 untuk melaksanakan tugas khusus dalam hal kebencanaan guna membantu pemerintah. LRB-Muhammadiyah telah melakukan banyak tugas penanganan kebencanaan dari tingkat nasional hingga internasional.

Selain menangani bencana, LRB-Muhammadiyah juga sering melakukan sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat melalui program Satuan Pendidikan Aman Bencana, Jemaah Tangguh, dan sebagainya.

“Semoga dengan adanya kantor baru ini, kinerja MDMC dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Semoga semangat seluruh relawan dalam ber-fastabiqul khairat juga semakin meningkat, termasuk memperluas syiar dakwah Muhammadiyah dalam bidang kemanusiaan. Sebagaimana dijelaskan dalam surah Al-Maidah ayat 2 bahwa sebagai umat muslim yang beriman sudah semestinya untuk saling menolong dalam hal kebaikan,” tandas KH Suhada.

Baca Juga:  Rafah dan Tembok Pembatas: Simbol Kemenangan Palestina

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang perwakilan dari pengurus LRB-Muhammadiyah Jawa Barat, Lazismu Jawa Barat, dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat.***

PMB UM Bandung