UMBandung
News

Regenerasi Jurnalis Baru, Bewara Pers UM Bandung Gelar Diklatsar

×

Regenerasi Jurnalis Baru, Bewara Pers UM Bandung Gelar Diklatsar

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi Bewara Pers UM Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung — UKM Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bewara UM Bandung menggelar Diklatsar bertajuk “Memupuk Berani Menjadi Jurnalis” di Villa Bale Markissa Cibiru Wetan, Cileunyi, Kabupaten Bandung, pada Kamis (08/02/2024).

Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar) yang diikuti 22 peserta ini menjadi tahap akhir dari open recruitmen (Oprec) yang sudah berlangsung dari 13 Desember 2023 hingga 09 Februari 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni dari 08-09 Februari 2024, dengan dihadiri pembina, pengurus, demisioner, dan 22 anggota baru.

Dalam acaranya, kegiatan ini melaksanakan sharring session dari tiga demisioner dengan pembahasan yang berbeda.

Baca Juga:  Warga Muhammadiyah Subang Gali Inspirasi dan Keteladan Buya Hamka

Mulai dari Renaldy Tri membahas Get To Know About Bewara, Hanif Mujaddid membedah Be A Good Journalist, hingga Tania Rahmawati yang mengupas tema Dare to Speak Proud Your A Journalist.

Dalam sambutannya, dosen Ilmu Komunikasi UM Bandung sekaligus Pembina Bewara Pers Roni Tabroni menyampaikan bahwa kegiatan Diklatsar ini merupakan langkah awal dari para jurnalis baru untuk lebih peka terhadap situasi di sekitar.

“Suatu berita tetap bernilai berita karena pada dasarnya bad news is a news and good news is a good news bagi para jurnalis,” ujar Roni.

Pembina Bewara Pers lainnya, Arif Permadi, menjelaskan bahwa media jurnalistik zaman sekarang lebih melihat para kandidat wartawan dari ketertarikan mereka pada sebuah informasi.

Baca Juga:  Unisa Bandung Lepas Mahasiswa KKN Internasional dan PKM Internasional Dosen

Hal tersebut sebanding dengan banyaknya peminat job wartawan yang mempunyai keahlian tetapi minim ketertarikan.

“Mereka tidak peduli apakah dia mempunyai basic jurnalistik atau bukan karena yang mereka peduli adalah passion. Mereka punya ketertarikan tidak tentang jurnalistik. Kalau punya ketertarikan, mereka ambil,” tegas Arief.

Pada akhir sambutannya, Arif mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dalam keluarga Bewara Pers. Ke depannya akan banyak materi yang bisa diselenggarakan, baik mau harian atau bulanan, dan tidak perlu di kelas saja.

Baca Juga:  Dua Universitas Luar Negeri Akan Bangun Kampus di Kota Bandung

Terakhir sebelum acara Diklatras ditutup, Ketua Umum LPM Bewara Pers Daffa Sarja melakukan simbolis penyematan kepada calon anggota baru sebagai bentuk resmi telah bergabungnya mereka menjadi keluarga besar Bewara Pers.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan Diklatsar ini. Saya juga ucapkan selamat kepada teman-teman yang kini telah resmi menjadi anggota LPM Bewara Pers,” kata Daffa.

“Ini sebuah perjalanan awal untuk kita berkembang bersama dan terus memberi warna. Saya ucapkan selamat, terus semangat, dan pantang menyerah,” pungkas Daffa.***(YBP)

PMB UM Bandung
Opini

Oleh: Sudarman Supriyadi, peminat literasi dan sosial-keagamaan BANDUNGMU.COM…