UMBandung
News

Sebanyak 87 Mahasiswa UM Bandung Siap Belajar di Luar Kampus Melalui Program MBKM

×

Sebanyak 87 Mahasiswa UM Bandung Siap Belajar di Luar Kampus Melalui Program MBKM

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi UM Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung – Tim MBKM Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menggelar kegiatan sosialisasi pedoman MBKM, penyambutan mahasiswa peserta MBKM, sekaligus pelepasan mahasiswa peserta MBKM tahun akademik 2023/2024.

Kegiatan berlangsung di lantai dua gedung UM Bandung pada Kamis (25/01/2024) dan diikuti oleh puluhan mahasiswa UM Bandung dari lintas prodi.

Total ada 87 mahasiswa yang mengikuti MBKM. Rinciannya adalah Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 54 orang yang terdiri atas magang 22 mahasiswa dan studi independen 32 mahasiswa. Kemudian Kampus Mengajar (KM) 6 mahasiswa dan pertukaran mahasiswa merdeka sebanyak 27 orang.

Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto dalam arahannya mengatakan bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan terobosan baru dalam pendidikan saat ini. Melalui MBKM, kata Rektor, soft skill dan hard skill mahasiswa akan terlatih dengan baik.

Baca Juga:  UM Bandung dan Brain IPB Sukses Gelar Sharing Teknologi Digital Untuk Milenial & Gen Z

Rektor juga mendorong mahasiswa UM Bandung menguasai kedua skill tersebut karena sangat penting guna menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Rektor menegaskan bahwa MBKM merupakan program untuk mengasah dan menambah kompetensi agar mahasiswa bisa menjadi agent of change.

”Perkuliahan tidak hanya dicapai di dalam kampus. Namun, justru bisa belajar di luar kampus. Anda sekalian nanti akan bertemu dengan suasana baru, teman-teman yang baru, tantangan baru, dan memahami permasalahan yang ada di masyarakat,” ungkap Rektor.

Baca Juga:  Diikuti 11.000 Peserta, Panitia Matangkan Persiapan Mata Najwa Spesial Muktamar

Terakhir, Rektor berharap mahasiswa UM Bandung bisa memahami dan menguasai minimal empat kompetensi. Di antaranya berpikir kritis, selalu kreatif, cakap dalam berkomunikasi, dan mampu berkolaborasi dengan siapa pun.

Belajar di Aceh

Salah satu mahasiswa UM Bandung peserta MBKM, Siti Nurhayati atau akrab disapa Sisi, mengaku dirinya sudah mempersiapkan diri dengan maksimal untuk belajar di Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha).

Mahasiswa asli Sunda ini akan belajar dan mempelajari berbagai hal selama di Unmuha, termasuk yang terkait dengan Nusantara dan perkara lainnya.

Baca Juga:  ART SIDE UM Bandung Gelar Bedah Film dengan Cara Bersidang seperti di Pengadilan

Selain banyak berdiskusi dengan mahasiswa yang sebelumnya jadi peserta MBKM, Sisi mengaku banyak belajar soal budaya dan kebiasaan masyarakat Aceh dari berbagai sumber.

”Aku sudah mempersiapkan diri dengan baik. Aku juga belajar kebinekaan. Aku memilih Unmuha karena beberapa alasan. Misalnya, karena kultur dan latar belakang keislamannnya di sana yang sangat kuat sehingga aku tidak sulit beradaptasi,” tandas Sisi.

“Selain itu, aku juga ingin belajar tentang Indonesia dan menambah pengalaman yang lebih luas. Pasalnya, Indonesia atau Nusantara itu bukan hanya Jawa, tetapi sangat luas,” pungkas mahasiswa prodi Manajemen ini.***(FA)

PMB UM Bandung