UMBandung
News

SM Tower Malioboro: Dakwah Ekonomi dan Pemberdayaan SDM Perhotelan Muhammadiyah

×

SM Tower Malioboro: Dakwah Ekonomi dan Pemberdayaan SDM Perhotelan Muhammadiyah

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Yogyakarta — SM Tower Malioboro memasuki usia 1 tahun sejak awal berdirinya pada Sabtu, 24 Juni 2023. Raihan 1 tahun ini direspons sangat positif oleh Direktur Utama PT SCM / SM Deni Asy’ari MA Dt Marajo. Ia bersyukur dan bangga dapat menjalankan bisnis mutakhir di sektor perhotelan dan pariwisata yang tengah berkembang milik persyarikatan Muhammadiyah.

“Kita menghaturkan rasa syukur atas perjalanan 1 tahun SM Tower Malioboro. Dalam proses perjalanannya relatif baik sesuai dengan ekspektasi. Sebelumnya, masih ragu, tetapi ternyata alhamdulillah bisa berjalan sangat positif,” ujarnya pada Kamis 20 Juni 2024.

Menurutnya, perjalanan satu tahun SM Tower Malioboro memberikan secercah cahaya inspirasi, terutama dalam upaya menumbuhkembangkan bisnis tersebut. Kehadiran SM Tower Malioboro memberikan impak positif dalam dunia perhotelan secara komprehensif.

Baca Juga:  Ekspansi Bisnis Pariwisata Muhammadiyah: SM Tower Berau Kaltim Akan Segera Diresmikan

“Citra selama ini bahwa hotel tempat maksiat dan mabuk-mabukan, tetapi dengan hadirnya hotel ini, ternyata mewarnai hotel kebanyakan, bahwa hotel tidak seperti itu,” ucapnya.

Terlebih, dapat menginspirasi sekolah Muhammadiyah yang mulai membuka jurusan perhotelan. Kendati telah ada, dapat menjadi cambuk untuk lebih serius dalam mengelola jurusan tersebut. Lebih lanjut, hadirnya hotel ini sebagai representasi dakwah ekonomi sesuai amanat Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan tahun 2015.

Dalam menyemarakkan milad 1 tahun SM Tower Malioboro, dilaksanakan aneka kegiatan perlombaan khusus karyawan seperti senam khusus putri, lomba bulutangkis, dan tenis meja. Bagi Deni, ini bertujuan untuk memperkokoh persaudaraan antar sesama karyawan, juga membangun ekosistem SDM perhotelan.

Baca Juga:  Kontribusi Nyata Bangun Desa, 6 Mahasiswa UM Bandung Ikuti KKN Tematik LLDIKTI Wilayah 4 di Jabar dan Banten

“SDM di hotel berbeda dengan SDM di luar hotel. Maka, milad ini fokusnya 80 persen memang untuk penguatan ekosistem di manajemen perhotelan,” ungkapnya.

Tentu, ada kegiatan lain diprioritaskan bagi masyarakat yaitu lomba konten video. Lomba ini diharapkan dapat menghasilkan konten yang inspiratif dan mendukung visi SM Tower dalam dunia digital. Kemudian, ada benefit dalam bentuk potongan baik di resto atau di hotel dan pelbagai merchandise yang menarik.

“Bagi orang yang menginap di SM Tower Malioboro akan mendapatkan merchandise khusus, harga khusus, sekaligus menu-menu khusus yang kita siapkan. Apalagi suasana milad kita karena bertepatan dengan bulan Zulhijjah, maka suasananya memang sangat arabic. Jadi, bagi tamu yang ingin berkunjung mulai tanggal 24-30 Juni 2024,” tuturnya.

Baca Juga:  Masyarakat Harus Paham Mitigasi Bencana

Deni mengungkapkan rencana ke depan SM Tower Malioboro akan menyiapkan SDM. Baginya, SDM ini sangat penting dalam rangka mengelola divisi baru di sektor perhotelan. “Hadirnya SM Tower ini memberikan semangat baru bagi warga Muhammadiyah. Maka, kita prioritaskan ada generasi muda Muhammadiyah untuk membesarkan SM Tower,” jelasnya.

Deni memiliki harapan dapat mendirikan SM Tower di daerah-daerah, lebih khsuus di Makkah dan Madinah. “Manajemen akan mengupayakan itu dalam tahun ke 2 ini. Dan dapat meningkatkan pelayanan dengan adanya diferensiasi dengan hotel-hotel yang lain,” tandasnya.***(CRIS/FA)

PMB UM Bandung