UMBandung
News

Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Dianugerahi Gelar Kehormatan Keraton Surakarta Hadiningrat

×

Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Dianugerahi Gelar Kehormatan Keraton Surakarta Hadiningrat

Sebarkan artikel ini
Foto: Humas Kemnaker RI.

BANDUNGMU.COM, Surakarta – Pada Sabtu (06/07/2024) Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Afriansyah Noor atau yang biasa dipanggil Ferry telah dianugerahi gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat dalam sebuah upacara yang bersejarah dan penuh khidmat. Gelar “Kanjeng Pangeran Ir H Afriansyah Noor Darmonagoro ST MSi IPU” diberikan langsung oleh “Ingkang Sinoehoen Kangdjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII yang didampingi Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono (Prameswari Dalem SISKS Pakoe Boewono XIII).

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas dedikasi dan kontribusi yang luar biasa dari Afriansyah Noor dalam memajukan bidang ketenagakerjaan di Indonesia. Upacara yang diselenggarakan di Sasana Narendra Karaton Surakarta Hadiningrat ini dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, serta tamu undangan terhormat.

“Dengan penuh rasa syukur dan hormat, saya menerima gelar kehormatan ini sebagai dorongan besar dalam menjalankan tugas saya untuk kepentingan masyarakat dan negara,” kata Afriansyah Noor. “Insya Allah, saya berjanji untuk terus berkomitmen dalam menciptakan keadilan sosial dan kemajuan ekonomi bagi seluruh pekerja Indonesia,” lanjutnya.

Gelar “Kanjeng Pangeran Ir H Afriansyah Noor Darmonagoro ST MSi IPU” menandai penghargaan atas perjalanan kepemimpinan Afriansyah Noor dalam mengimplementasikan kebijakan yang berdampak positif bagi masyarakat luas serta komitmennya terhadap nilai nilai kemasyarakatan.

Baca Juga:  Tingkatkan Kompeten Kader Muhammadiyah, PDM Pemalang Gelar Ideopolitor

Perjalanan kepemimpinannya sebagai aktivis mahasiswa dan kepemudaan telah mengantarkan Afriansyah Noor dalam politik praktis bersama para tokoh nasional dengan bergabung di Partai Bulan Bintang (PBB) pada tahun 1998. Berbagai jabatan dan posisi strategis pernah bahkan masih beliau duduki.

Menjalani kehidupan bersama istri yang merupakan wanita keturunan Surakarta, secara tidak langsung turut membawa Ferry memiliki social engagement pada pilihan politiknya sejak tahun 2012 dengan menjadi Ketua Dewan Pembina Permata (Persatuan Mahasiswa Jakarta) dan Direktur Sekretariat Gabungan Jakarta Baru (Setgab Jakarta Baru) yang merupakan Tim Relawan Pemenangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta (Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama).

Kedekatannya dengan Presiden Jokowi turut membuka ruang baru pada pilihan politiknya pada Pemilu 2014 dengan membentuk Relawan Pemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – Muhammad Jusuf Kalla sebagai Ketua DPP Laskar Jokowi (Relawan Jokowi – JK).

Selanjutnya langkah politik beliau selalu bersama Presiden Joko Widodo hingga kemudian pada Pemilu 2024 mendukung pasangan 02 sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden H Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024 hingga meraih kemenangan.

Baca Juga:  Muhammadiyah Ajak Ormas Lintas Iman Serukan Pemilu Bernilai Luhur, Bermoral, dan Beretika

Berbagai arahan dan tawaran jabatan untuk duduk dalam pemerintahan pada akhirnya diterima oleh Afriansyah Noor yang resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam reshuffle kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 15 Juni 2022.

Beliau bertugas mendampingi Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia untuk melakukan konsolidasi tugas-tugas di Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan meraih banyak capaian kinerja yang baik. Seiring kedekatan beliau dengan Presiden Jokowi pada akhirnya memiliki banyak kesamaan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Ferry dikenal sangat dekat dengan berbagai kelompok khususnya pada kelompok masyarakat yang disebut sebagai masyarakat “biasa-biasa saja” dan kelompok masyarakat kebanyakan yang sangat perlu diperhatikan dan didampingi untuk naik kelas secara sosial menuju kesejahteraan keluarga, bangsa dan negara.

Di antara evidence yang diperoleh adalah dengan banyaknya pemberian penganugerahan gelar adat sebagai bentuk amanah dan kepercayaan masyarakat yang beliau dapatkan dari berbagai Lembaga Adat di Nusantara. Di antaranya Datuak Rajo Basa, Istano Basa Pagaruyung, Minangkabau, Tanah Datar, Sumatera Barat, Penganugerahan 29 April 2023 yang dihadiri oleh Prabowo Subianto. Datuk Bandar Mudo Pengimbang Rajo, Lembaga Adat Melayu, Jambi, Penganugerahan 4 Januari 2024.

Baca Juga:  Soal Pencabutan PSBB dan PPKM, Presiden Jokowi: Tunggu Kajian

Lalu, Pangeran Rimbun Alam Cipta Negeri, Lembaga Pemangku Adat Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan, Penganugerahan 9 Mei 2024, dan kini penganugerahan gelar kehormatan Karaton Surakarta Hadiningrat diberikan langsung oleh Ingkang Sinoehoen Kanjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII kepada Bapak Kanjeng Pangeran Ir H Afriansyah Noor Darmonagoro ST MSi IPU.

Penganugerahan 6 Juli 2024 sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdiannya dalam memperjuangkan nasib pekerja Indonesia. Dengan semangat juang yang tinggi, terbuka, dan apa adanya membuat sosok Ferry mudah diterima oleh berbagai lapisan dan kelompok masyarakat melalui berbagai kontribusi dan peran aktif dalam mengangkat dan memperjuangkan kesejahteran kaum buruh dan kaum pekerja. Sosok Ferry merupakan pemimpin yang berangkat dari masyarakat kebanyakan di Indonesia tentu akan selalu dicintai oleh masyarakat dan diharapkan kehadirannya dalam memberikan solusi bagi permasalahan di masyarakat.***

PMB UM Bandung