Edukasi

Wujudkan Kepedulian Sosial, PD IPM Kota Bandung Luncurkan Korps Pelajar Peduli

×

Wujudkan Kepedulian Sosial, PD IPM Kota Bandung Luncurkan Korps Pelajar Peduli

Sebarkan artikel ini
Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Bandung. (Foto: Dok. PD IPM Kota Bandung).

BANDUNGMU.COM  – Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Bandung meluncurkan Korps Pelajar Peduli, pada Selasa 01 Juni 2021.

Acara yang digelar di Gedung Al-Irfani Muhammadiyah Kota Bandung ini mengangkat tema ”Pelopor, Pelangsung, Penyempurna, Bersama Memberi Makna”.

Sebanyak 30 orang peserta hadir pada kegiatan ini. Mereka berasal dari perwakilan seluruh sekolah atau Pimpinan Ranting dan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah se-Kota Bandung.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Bandung, Ridwan Maulana, mennyampaikan bahwa Korps Pelajar Peduli ini adalah sebuah wadah untuk pelajar dapat turun tangan menjadi relawan.

Baca Juga:  Catatan Strategis Haedar Nashir untuk Indonesia 2045

”Sesungguhnya relawan itu adalah tingkatan tertinggi dari sebuah kepedulian agar bisa memberikan kebermanfaatan untuk orang banyak,” kata Ridwan.

Kepedulian sosial

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan sekaligus Ketua Bidang ASBO PD IPM Kota Bandung, Ia Kurniawan, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud nyata gerakan sosisal PD IPM Kota Bandung yang akan diwadahi dalam suatu komunitas, yakni Korps Pelajar Peduli.

“Diharapkan dengan dibentuknya Korps Pelajar Peduli ini dapat menumbuhkan perilaku prososial pada pelajar melalui edukasi mengenai pentingnya memiliki dan mengimplementasikan karakter kepedulian sosial pada pelajar, ”ujar Kurniawan.

Baca Juga:  RSMB Gelar Upacara HUT ke-77 RI, Gaungkan Semangat Ikhlas Bekerja Keras

Pada kesempatan yang sama, Zainal Ihsan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandung (PDM) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peluncuran Korps Pelajar Peduli yang digagas PD IPM Kota Bandung.

”Kami berharap dan meminta Korps Pelajar Peduli ini dapat bersinergi dengan Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (Muhammadiyah Disaster Management Center [MDMC]) dan juga Lazismu. Tujuannya agar ketika melaksanakan gerakan sosial, bisa bersama-sama bersinergi untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” tutur Zainal.

Kontributor: Ia Kurniawan—PD IPM Kota Bandung