5 Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung

oleh -
Ilustrasi (Shutterstock)

BANDUNGMU.COM – Jantung adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran sangat vital. Jantung terus bekerja untuk mengalirkan darah kaya nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Faktanya, rata-rata jantung orang dewasa bisa berdetak 60 hingga 80 kali per menit saat istirahat, menjaga setiap sel di tubuh terus diberi makan.

Jantung membuat Anda tetap hidup sehingga melindungi kesehatannya harus menjadi prioritas utama. Untungnya, mengikuti diet kaya nutrisi yang menyehatkan jantung bisa secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi kardiovaskular yang optimal.

Berikut ini adalah beberapa minuman yang baik untuk jantung:

1 Teh matcha

Melansir Health Line, matcha adalah jenis teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi. EGCG sendiri adalah senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

EGCG sendiri adalah senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Dengan begitu, mengonsumsi teh matcha yang kaya EGCG dianggap dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology pada 2018 menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan zat lemak di dinding arteri, dan dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

2 Kopi (secukupnya)

Kopi juga telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan jantung yang mengesankan. Sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan kopi secara teratur dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan.

Faktanya, berdasarkan sebuah ulasan besar terhadap 218 penelitian menemukan bahwa orang yang minum 3 cangkir kopi per hari memiliki 19 persen penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan bukan peminum kopi.

Ulasan ini di antaranya telah diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) pada 2017 dan Jurnal Circulation pada 2014. Alih-alih memilih kopi yang sarat gula, lebih baik meminum kopi yang telah dibuat smoothie, yakni menggabungkan kopi dengan bahan penyehat jantung lainnya seperti pisang, mentega almond, dan bubuk kakao.

3 Cokelat panas kakao

Kakao adalah bentuk cokelat murni yang umumnya lebih sedikit diproses dan lebih padat nutrisi dibandingkan kebanyakan produk cokelat atau kokoa lainnya. Kakao dilaporkan mengandung banyak mineral dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Kakao salah satunya sangat kaya akan antioksidan flavonoid yang dikenal dengan manfaat kardiovaskularnya. Menurut penelitian ilmiah, menikmati produk kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin membuat minuman cokelat, lebih baik tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao ke dalam susu panas pilihan Anda. Untuk menambah rasa, Anda bisa juga menambahkan minuman cokelat ini dengan taburan kayu manis dan pemanis alami seperti sedikit madu.

4 Teh hibiscus atau the herbal kembang sepatu

The hibiscus adalah minuman asam yang terbuat dari bunga tanaman kembang sepatu yaitu Hibiscus sabdariffa. Bunga kembang sepatu adalah sumber antioksidan polifenol yang kuat, dan ekstrak kembang sepatu telah terbukti memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

Sebuah studi pada 25 pria menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 250 ml minuman ekstrak kembang sepatu per hari dapat secara signifikan meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah dan tingkat peradangan, dibandingkan dengan minum air putih. Studi ini telah diterbitkan dalam Jurnal Nutrients pada 2019 lalu.

5 Air jeruk

Menambahkan sepotong buah jeruk segar ke dalam air diyakini dapat juga membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis, maupun jeruk manis biasa kaya akan banyak nutrisi bermanfaat dan senyawa tanaman, termasuk minyak esensial dan antioksidan flavonoid.

Beberapa penelitian, misalnya yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism pada 2014 dan Frontiers in Neurology pada 2019, telah menunjukkan bahwa asupan jus jeruk setiap hari dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah, yang merupakan faktor risiko penting penyakit jantung.

Selain itu, menambahkan sedikit jeruk ke dalam air pada dasarnya dapat membantu Anda meningkatkan asupan cairan. Melansir Heart Foundation, tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk fungsi jantung.

Dehidrasi dapat meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular, termasuk stroke. Jadi, coba tambahkan air putih Anda dengan irisan lemon, jeruk nipis, jeruk manis, atau grapefruit untuk menjadiannya sebagai minuman yang sehat untuk kesehatan jantung.

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *