Berendam Sehat di Pemandian Air Panas Curug Cipanas Nagrak Lembang

oleh -
Curug Cipanas Nagrak di Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari).

BANDUNGMU.COM – Curug Cipanas Nagrak merupakan air terjun dengan aliran air panas berada di Kampung Nagrak, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Air panas di air terjun (curug) ini bukanlah air panas buatan, melainkan berasal dari panas bumi Gunung Tangkubanparahu.

Airnya memiliki belerang yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya kulit. Kawasan pemandian air panas itu berada di lembah yang dikelilingi perkebunan nan memanjakan mata pengunjung.

Lokasi Curug Cipanas Nagrak ini letaknya memang tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan. Letaknya juga agak di bawah dan diapit perbukitan.

Akses menuju objek wisata tersebut mudah dilalui lantaran tidak jauh dari jalan utama Jalan Sersan Bajuri. Dari pusat Kota Bandung hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit untuk menuju lokasi.

Lahan parkir juga cukup luas. Dari tempat parkir ada jalan setapak yang dipercantik dengan barisan perkebunan dan pepohonan.

Kolam renang Curug Cipanas Nagrak berundak-undak. Air panas yang mengalir ke kolam Cipanas Nagrak berada di tanah dengan kontur miring di lembah yang dibuat dengan undakan menjadi sebuah air terjun.

Terdapat tiga undakan kolam. Adapun air terjun tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi. Air ini mengalir ke beberapa kolam yang berada di bawahnya.

Kedalaman kolam rata-rata 50 hingga 70 sentimeter. Pemandian air panas dipisahkan oleh dinding batu dan terdapat jembatan bambu.

Kolam pertama tepat di bawah air terjun bersumber dari mata air belerang tersebut. Kolam kedua terbagi menjadi dua bagian, salah satunya dibuat berbentuk hati jika dilihat dari atas. Kolam ketiga merupakan kolam yang paling luas dengan air terjun buatan yang lebar.

Dinding buatan tersebut yang sering terkena belerang menjadikannya berwarna kuning menambah suasana estetika pemandian yang seperti alami.

Selain menikmati hangatnya pemandian air Cipanas Nagrak, Anda dimanjakan pemandangan langsung melihat Gunung Tangkubanparahu meskipun tidak terlihat jelas sebab terhalang pebukitan dan pepohanan.

Fasilitas Curug Cipanas Nagrak ini cukup memadai. Fasilitas seperti area parkir, warung-warung, toilet, musala, dan saung peristirahatan yang nyaman sudah tersedia.

Harga tiket masuk ke Curug Cipanas Nagrak ini dewasa Rp 20 ribu dan anak-anak Rp 15 ribu ditambah parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10 ribu. (Tribunjabartravel.com/Syarif Pulloh Anwari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *