Yuk Wisata ke Sendang Geulis Kahuripan, Mata Air Jernih di Bandung Barat

oleh -
Objek wisata Sendang Geulis Kahuripan yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Foto: hotelier.id.

BANDUNGMU.COM — Pandemi covid-19 saat ini di Indonesia sudah mulai menurun. Banyak masyarakat yang sudah ancang-ancang pergi wisata dengan teman atau keluarga.

Di Kabupaten Bandung Barat (KBB) ada wisata yang unik dan alami yang bernama Sendang Geulis Kahuripan. Pemandangan dan eksotis alamnya cukup mengesankan. Tidak kalah dengan wilayah lainnya.

Bagaimana dan seperti apa informasi lokasi wisata Sendang Geulis Kahuripan ini? Berikut informasinya yang dirangkum dari nativeindonesia.com.

Mata air jernih

Nama Sendang Geulis Kahuripan mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Maklum saja karena kawasan ini tergolong masih baru. Ditambah lagi lokasi berada di pelosok Bandung Barat sehingga butuh waktu lama menjadikan tempat ini ikon baru pariwisata.

Objek wisata ini tepatnya berada di RPH Cikalong Wetan, BKPH Padalarang, Perum Perhutani BKPH Bandung Utara. Sumber mata air yang menghasilkan sendang ini hampir setiap menit mengalirkan air-air bersih.

Air yang dipakai untuk berendam di tempat ini dijamin tingkat kebersihan dan kejernihannya sehingga akan memukau mata pengunjung. Tidak akan menyesal deh datang ke lokasi ini.

Sendang Geulis Kahuripan mempunyai arti danau di tengah pegunungan yang memberikan kehidupan. Dilihat dari maknanya tidak terlalu berlebihan karena sebagian masyarakat bergantung kepada sumber mata air ini.

Bagi masyarakat sekitar, Sendang Geulis Kahuripan disebut juga dengan nama Talaga Cikahuripan atau juga Sirah Cai Kahuripan.

Baca Juga:  Stasiun Cibatu, Wisata Garut, dan Charlie Chaplin

Mitos dan daya tarik

Belum viralnya kawasan ini menjadi anugerah tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung ke kawasan ini. Lantaran luas kawasan ini yang kecil. Dengan demikian, hal tersebut bisa menjadi keuntungan karena pengunjung bisa berlama-lama dan berendam sepuasnya di dalam kolam yang berwana biru ini.

Ada mitos yang berkembang bahwa air jernih di lokasi ini mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk kulit. Terutama bagi kaum perempuan yang menginginkan kulit mulus nan cantik.

Berendam di air ini bisa mewujudkan impian tersebut. Bahkan ada lagi yang mengatakan apabila kolam ini juga bisa membuat seseorang awet muda.

Saking jernihnya air dan memiliki kadar oksigen yang cukup tinggi, air yang berada di sini bisa langsung diminum. Selain berendam, pengunjung juga akan disajikan dengan sebuah curug yang aduhai.

Curug ini memang tidak terlalu tinggi dan debit airnya memang tidak terlalu besar. Namun justru karena itulah curug ini bisa dipakai untuk bermain air dan juga menjadi salah satu titik spot foto yang tidak boleh dilewatkan.

Selain itu, ada pula kolam renang yang bia dimanfaatkan untuk berenang. Nah, kolam ini memang sedikit keruh di bagian dasarnya. Namun, setelah masuk ke dalam gambar, hasilnya akan jernih dan sebening kristal.

Baca Juga:  Jalan-jalan ke Bandung? Cobain 5 Bubur Ayam Enak ini yang Cocok untuk Sarapan

Fasilitas kawasan ini sungguh sangat memanjakan. Pengunjung bisa memanfaatkan beberapa warung di sekitar lokasi wisata yang menyajikan berbagai macam menu kuliner yang pasti bikin nagih. Soal harga jangan ditanya lagi, sudah pasti sangat bersahabat.

Selain itu, ada pula saung yang digunakan untuk beristirahat. Saung ini bisa digunakan pula untuk bercengkerama bersama dengan teman atau keluarga sembari menikmati indahnya kawasan ini. Suasananya pun juga menjadi daya tarik yang tidak bisa terhindarkan.

Tidak hanya musala, toilet, dan ruang ganti saja, fasilitas penginapan pun juga tersedia di kawasan ini. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir soal fasilitas ya.

Alamat dan rute lokasi

Alamat kawasan ini berada di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Akses menuju kawasan ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja.

Sobat Native yang berasal dari Jakarta bisa menggunakan Tol Cipularang dan keluar melalui pintu Cikamuning. Kemudian, melewati jalan antara Cikampek – padalarang hingga sampai di jalan raya cikalong.

Sesampainya di Cikalong, arahkan kendaraan ke timur menuju Cikalong Wetan. Setelah melewati perbatasan Cikalong Wetan, arahkan kendaraan belok ke kanan.

Berjalan lurus sejauh 3 km hingga sampai di perbatasan kecamatan dan menemukan pertigaan yang di tengahnya ada gapura berbentuk nanas dan ada pangkalan ojeknya. Setelah melewati gapura ini arahkan kendaraan sejauh 4 km.

Baca Juga:  Jembatan Rajamandala yang Melegenda

Pengunjung disarankan berhati-hati bila melintas jalan ini karena kondisi jalannya masih bebatuan dan terkadang licin. Setelah berhasil melewati jalan ini, pengunjung akan menemukan bangunan sekolah dasar. Parkirkan kendaraan di lokasi tersebut.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini pun tidak kalah seru karena pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Hijaunya sawah dan semua keindahan khas perdesaan bisa ditemukan di sini. Termasuk pula keramahan warga sekitar.

Bagi pengunjung yang berasal dari Bandung dapat langsung menuju Cikalong Wetan melalui perkebunan teh Panglejar. Ada pertigaan lalu belok ke kanan melewati Pasar Tengek (Cisomang), kantor Desa Wangunjaya, kemudian melewati kantor Desa Banjarsari.

Kurang lebih 10 kilometer dari kantor desa ini pengunjung akan sampai di kawasan yang dituju. Sudah cukup dekat.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk yang harus dibayar pun cukup murah.Hanya dengan Rp10.000 pengujung sudah bisa menikmati indahnya wisata alam. Ditambah dengan biaya parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor.

Sendang Geulis Kahuripan atau dalam bahasa sunda diucapkan dengan sindang ini memang tidak boleh dilewatkan sedikit pun. Apalagi begitu banyak khasiat yang ditawarkan dari sumber mata air ini.

Ayo ajak sahabat, keluarga, dan orang yang tersayang menuju kawasan ini. Dijamin betah berlama-lama di sini. Selamat wisata!***

No More Posts Available.

No more pages to load.