Bukan Hanya Permen, Inilah 4 Minuman yang Merusak Gigi Kamu

oleh -

BANDUNGMU.COM – Setiap orang tentu ingin memiliki senyum menawan. Namun hal itu ibarat pungguk merindukan bulan, ketika deretan gigi tampak menguning.

Agar kesehatan gigi tetap terjaga, kamu mungkin perlu menghindari beberapa makanan dan minuman yang bikin gigi tidak putih lagi. Mengutip Reader’s Digest, berikut ini 4 minuman yang juga merusak gigi.

Soda

Kamu mungkin sudah memahami bahwa soda tidak baik untuk gigi, karena mengandung banyak gula. Sekaleng soda memang memuat hampir sepuluh sendok teh gula.

Dan masalahnya tidak berhenti di situ. Tricia Quartey, DDS, dokter gigi di Brooklyn, New York, mengatakan bahwa soda sangat asam. “Asam bisa memecah lapisan email (yang ada pada gigi),” ujar Tricia.

Jus kemasan

Seperti soda, jus kemasan bersifat asam dan sering mengandung gula tambahan. Terkadang, kadar gulanya sekitar sepuluh sendok teh per kemasan.

Mengapa konsumsi gula berlebihan tidak baik untuk gigi? Sebab gula memberi makanan bakteri di mulut dan menyebabkan kerusakan gigi. Alternatifnya, kamu bisa membuat jus di rumah dengan sedikit atau tanpa gula, karena buahnya sudah manis.

Kopi dan teh

Kopi dan teh bisa membikin kamu merasa siap siaga. Namun kopi bukan teman yang baik untuk gigi kamu. Kedua miniman ini bersifat asam dan diuretik (tubuh bisa kehilangan banyak air melalui urine), sehingga bikin mulut kering.

Pada akhirnya, kamu rentan mengalami gigi berlubang dan penyakit gusi. Apalagi bila kamu menambahkan banyak gula ke dalam kopi dan teh.

Karena itu, kamu perlu membiasakan diri untuk mengurangi asupan gula. Dan berkumur setelah minum kopi atau teh.

Minuman berenergi

Meskipun namanya tampak sehat, minuman berenergi sesungguhnya dikemas dengan gula dan asam. Seperti yang sudah dikatakan di atas, dua hal ini adalah musuh utama gigi.

Bahkan banyak yang mengandung zat pewarna. Akibatnya, gula dan asam tinggal lebih lama di gigi. Sebagai gantinya, kamu bisa minum air mineral.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *