UMBandung
News

Di Hadapan 272 Peserta Wisuda UM Bandung, Dadang Kahmad Bagikan Lima Tips Meraih Sukses Menurut Al-Quran

×

Di Hadapan 272 Peserta Wisuda UM Bandung, Dadang Kahmad Bagikan Lima Tips Meraih Sukses Menurut Al-Quran

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi Promosi dan PMB Universitas Muhammadiyah Bandung.***

BANDUNGMU.COM, Bandung — Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Prof Dr H Dadang Kahmad MSi berterima kasih kepada orang tua wisudawan/wisudawati karena telah mempercayakan pendidikan anak-anaknya di UM Bandung.

Hal itu Dadang sampaikan saat memberikan sambutan dalam wisuda kelima program sarjana UM Bandung yang berlangsung di Auditorium KH Ahmad Dahlan pada Sabtu 16 Desember 2023.

“Terima kasih Anda semua telah mempercayakan diri untuk menempa diri di UM Bandung. Anda boleh berbangga sebagai lulusan dari perguruan tinggi di bawah organisasi besar dan terlama yakni Muhammadiyah,” ungkap Dadang.

“Jika Anda berkenan, kami mengajak semua untuk menjadi aktivis Muhammadiyah di berbagai level untuk berjuang dan berdakwah bersama kami di Persyarikatan yang Anda telah kenal melalui perkuliahan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan selama ini,” tutur Dadang.

Baca Juga:  PESONAMU UM Bandung Hari Kedua Kenalkan Program Studi, Alur Akademik, Hingga Hima

Secara khusus, mantan Ketua PWM Jawa Barat ini berpesan supaya para wisudawan/wisudawati tidak berpuas diri dengan ilmu dan jenjang gelar sarjana yang dimiliki.

Dadang mendorong supaya lulusan UM Bandung terus mengasah dan mengembangkan skill beserta keilmuan lanjutan di luar sana, baik melanjutkan studi S2, belajar dalam pekerjaan, maupun belajar kepada masyarakat.

Dadang juga berharap para lulusan UM Bandung tidak berhenti belajar, tetapi harus mempelajari dan menguasai berbagai pengetahuan baru yang saat ini berkembang.

“Dalam era digital dan perkembangan teknologi saat ini, akan banyak muncul berbagai pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya. Berbagai pekerjaan baru tersebut memerlukan juga keterampilan baru yang mungkin belum Anda kuasai,” kata Dadang.

Baca Juga:  Gandeng Lazismu KL UM Bandung, PK IMM Eksyar dan PK IMM HKI Bantu Korban Banjir Garut

“Perubahan-perubahan seperti ini perlu diantisipasi kemudian Anda beradaptasi dengan perubahan tersebut. Akan lebih baik lagi kalau Anda mampu menciptakan inovasi baru,” tambah Dadang.

“Oleh karena itu, kreativitas harus terus diasah sehingga mampu melahirkan alternatif baru yang sangat berguna. Jadi, jangan menunggu pekerjaan. Namun, berusahalah menciptakan pekerjaan baru apa pun bentuknya,” imbuh Dadang.

Tips sukses

Pada kesempatan yang berbahagia ini juga Dadang berbagi tips kesuksesan di hadapan 272 peserta wisuda. Apa saja?

Dadang menegaskan bahwa kesuksesan tidak selalu tercipta karena faktor kecerdasan. Namun, lebih pada faktor keberuntungan atau keberkahan dari Allah SWT.

Baca Juga:  UIN Bandung Cetak Akuntan Berkualitas Melalui Praktikum Perpajakan

Seraya mengutip surah Ali Imran ayat 16-17, Dadang mengatakan bahwa ada lima kunci kesuksesan, yakni kesabaran, kejujuran, ketakwaan, kedermawanan, dan salat malam.

“UM Bandung juga berkomitmen terus meningkatkan kualitas sebagai center of excellence, baik lewat peningkatan sumber daya manusia, sarana-prasarana, penataan kurikulum, dan networking dalam ataupun luar negeri,” ujar Dadang.

“Kami dari BPH akan terus menyempurnakan lagi yang dampak akhirnya adalah menghasilkan lulusan unggul dan berkemajuan,” tegas Dadang.

“Sekaligi kami mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang diwisuda hari ini. Semoga semua ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat dan membawa berkah sepanjang masa,” tandas Dadang.***(FA)

PMB UM Bandung