UMBandung
News

Diikuti Seratus Peserta, MPK Aisyiyah Jawa Barat Gelar Baitul Arqam

×

Diikuti Seratus Peserta, MPK Aisyiyah Jawa Barat Gelar Baitul Arqam

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Bandung — Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Barat periode 2022-2027 menyelenggarakan Baitul Arqam perdana dari Sabtu-Ahad (23-24/02/2024).

Kegiatan pengkaderan ini mengusung tema “Penguatan Kader Aisyiyah Jawa Barat Sebagai Barisan Terdepan untuk Masyarakat Berkemajuan Abad ke-2”. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Diklat Keagamaan Bandung, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 716.

Baitul Arqam ini diikuti oleh seratus peserta yang terdiri atas para pengurus badan pembantu pimpinan Aisyiyah tingkat wilayah (majelis dan lembaga) PWA Jawa Barat serta perwakilan MPK Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Baca Juga:  Ketua PWM DIY Ajak Majelis & Lembaga Kerja Ikhlas, Cerdas, Keras, Berkualitas, dan Tuntas

Hadir dalam kegiatan ini Ketua PWA Jabar Ia Kurniati beserta Wakil Ketua yang membidangi MPK PWA Jabar Nikmah Zaita dan Mulyati. Hadir pula anggota pleno dan Ketua Majelis PWA Jawa Barat.

Bertindak sebagai Master of Training yakni Nidaul Hidayah, Imam of Training Ade Kartini dan Susan Sundari, dan Instruktur Kelas Nikmah Zaita.

Tampil sebagai Keynote Speaker kegiatan ini yakni pegiat pemberdayaan masyarakat dan Dewan Pakar MPI PWM Jabar Budhiana Kartawijaya.

Peserta pengkaderan ini terbagi menjadi tujuh sesi. Materi pertama tentang penguatan ideologi Muhammadiyah “masailul khams” oleh Agus Kusnadi.

Baca Juga:  Kang Yana: Tenangkan Jiwa Saat Pandemi dengan Membaca Alquran

Materi kedua tentang risalah Islam berkemajuan oleh Hendar Riyadi. Materi ketiga tentang implementasi risalah perempuan Islam berkemajuan oleh Ia Kurniati.

Materi keempat tentang transformasi kepemimpinan Aisyiyah dan pembinaan AMM putri oleh Mulyati. Materi kelima tentang komunikasi efektif dalam berorganisasi oleh Muthia Umar.

Materi keenam tentang implementasi PHIWM dalam kehidupan beraisyiyah sebagai perempuan berkemajuan oleh Ayi Yunus Rusyana. Materi ketujuh tentang keteladanan tokoh Aisyiyah dan Muhammadiyah oleh Dikdik Dahlan.

Ketua MPK PWA Jawa Barat Dewi Mulyani berharap Ramadhan tahun ini lebih semarak dengan rangkaian acara pengkaderan yang dikemas dalam “Wonderful Ramadhan”.

Baca Juga:  Dua Tamu Istimewa Ini Berikan Motivasi pada Penutupan Baitul Arqam Mahasiswa UM Bandung

“Wonderful Ramadhan” ini meliputi SABAR (Baitul Arqam Ramadhan) sebagai program dari pengkaderan utama. Lalu ada LENTERA (Literasi Al-Quran Bersama Tuna Netra), Publik Speaking dan Iktikaf bersama AMM putri sebagai program dari divisi pengkaderan fungsional.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Kader PWA Jawa Barat Mulyati juga berharap Baitul Arqam ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kader Aisyiyah Jawa Barat.***(Enuy Nurjanah)

PMB UM Bandung