UMBandung
News

Gerakan Cinta Lingkungan Hidup Aisyiyah Kota Sukabumi Semarakkan Milad ke-107 Aisyiyah

×

Gerakan Cinta Lingkungan Hidup Aisyiyah Kota Sukabumi Semarakkan Milad ke-107 Aisyiyah

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM, Sukabumi — Milad ke-107 Aisyiyah yang jatuh pada 19 Mei 2024 merupakan momentum untuk terus memperkuat komitmen Aisyiyah dalam melakukan dakwah kemanusiaan universal. Tema Milad kali ini adalah “Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta”.

Darurat sampah di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kota Sukabumi, masih menjadi masalah bersama yang belum dapat diselesaikan.

Sebagai wujud nyata dakwah kemanusiaan semesta, LLHPB dan Majelis PAUD Dasmen Pimpinan Pusat Aisyiyah, wilayah, hingga ke ranting Aisyiyah bersama dengan PCA, PRA, dan IGABA menggerakkan seluruh PAUD, termasuk sekolah/pesantren Aisyiyah di seluruh Indonesia melaksanakan kegiatan zero waste Aisyiyah.

Kegiatan secara serentak dilaksanakan pada Rabu (15/05/2024) di seluruh Indonesia. Harapannya seluruh keluarga besar Aisyiyah melaksanakan berbagai kegiatan peduli dan cinta lingkungan.

Ragam kegiatan tersebut di antaranya menerapkan 3R (reduce, reuse, recycle), membersihkan lingkungan sekolah, memilah sampah, membuat kreasi daur ulang sampah, dan sebagainya.

Baca Juga:  Jadi Ujung Tombak Persyarikatan, Ranting Muhammadiyah Harus Diperbanyak

Harapannya dengan kegiatan yang dilaksanakan tersebut akan memunculkan sikap peduli terhadap lingkungan hidup. Green mind dalam ajaran Islam telah ada dalam tuntunan/pedoman hidup kaum muslimin yaitu Al-Quran. Oleh karena itu, menyebarluarkan islamic green mind bagaikan virus yang harus terus diupayakan.

Kegiatan serentak diseluruh sekolah Aisyiyah yang ada di Kota Sukabumi tersebut akan menjadi pemicu munculnya rasa cinta dan kepedulian pada lingkungan yang dimulai dari lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan seluruh warga masyarakat.

Ini ssesuai instruksi dari Majelis PAUD, Dasar, dan Menengah Pimpinan Pusat Aisyiyah, di mana lembaga pendidikan di bawah naungan Aisyiyah diimbau untuk melaksanakan gebyar budaya hidup bersih dan sehat.

Alhasil, guru, anak-anak, dan seluruh wali murid yang tergabung dalam Ikatan Wali Murid Aisyiyah (Iwama) kompak membersihkan lingkungan mulai pukul 07.30 sampai 10.00 WIB.

Kepala TK Aisyiyah 2 Ima Rahmania menyampaikan bahwa kerja bakti dalam rangka Milad Aisyiyah ini berlangsung secara serentak pada seluruh TK Aisyiyah di Indonesia.

Baca Juga:  Lazismu Dorong Literasi Keuangan Untuk Lawan Pinjol

“Melalui gerakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah, kita berpartisipasi dalam menggaungkan dan menanamkan kesadaran cinta lingkungan kepada masyarakat umum,” katanya.

Lebih lanjut, Ketua PDA Kota Sukabumi Amalia Nur Milla menyampaikan bahwa kegiatan bersih lingkungan ini bagian dari dakwah Aisyiyah untuk semesta. “Hal ini sesuai dengan tema Milad Aisyiyah yaitu Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta,” ungkapnya.

Kapala TK Aisyiyah 1 Mulia Rahmawati berharap kegiatan ini bisa menjadi daya tarik yang unik karena kolaborasi antara sekolah dan orang tua sangat kental dan kuat.

Terbukti TK Aisyiyah Kota Sukabumi pernah meraih Juara 1 Lomba Green School tingkat Jawa Barat dengan kreasi ecobrick. Pengadaan botol dan plastic bekas untuk ecobrick ini juga merupakan kolaborasi antara TK Aisyiyah 1 dan SD Aisyiyah melalui program sedekah sampah LLHPB.

Baca Juga:  Demi Keselamatan Jiwa, Muhammadiyah Ajak Masyarakat Taat Prokes

Kegiatan ini juga dilaksanakan di MDTA dan Kober Aisyiyah Al-Marwiyah di Ciaul Pasir, Cikole, TK Aisyiyah 7 di Cisero Sukaraja, dan SD Aisyiyah Fullday School Kota Sukabumi yang berlokasi di Jalam Pelabuan, Cipoho, Citamiang, Kota Sukabumi.

Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PD Aisyiyah Kota Sukabumi Tanti Ramdhiyanti yang juga merupakan guru di SD Aisyiyah menyampaikan bahwa PDA Kota Sukabumi memiliki program unggulan sedekah sampah.

Kegiatan positif ini dilaksanakan secara kolaboratif antara sekolah Aisyiyah, PCA, PRA, dan pengajian-pengajian Aisyiyah di Kota Sukabumi.

“Semoga kegiatan ini terekam kuat dalam diri anak-anak peserta didik Aisyiyah serta membawa pesan dakwah kemanusiaan semesta dalam dakwah lingkungan yang tiada henti. Sehingga mereka secara sadar selalu menjaga lingkungan tetap bersih akan menjadi budaya hidup dalam keseharian kita semua,’’ pungkasnya.***

PMB UM Bandung