UMBandung
Sainstek

Inilah 4 Peristiwa Gempa Dahsyat di Jepang

×

Inilah 4 Peristiwa Gempa Dahsyat di Jepang

Sebarkan artikel ini

BANDUNGMU.COM – Gempa Bumi berkekuatan 7.3 magnitudo, baru saja melanda negara Jepang, tepatnya di wilayah Fukushima, pada Sabtu, 13 Februari 2021 malam.

Gempa tersebut memicu terjadinya tanah longsor, bangunan runtuh, warga terkena krisis air, hingga kereta cepat Shikansen arah utara tertunda pemberangkatannya akibat di sepanjang jalur rel mengalami kerusakan yang cukup parah.

Sementara itu, ini bukan kali pertama negeri samurai tersebut dihantam gempa bumi yang sangat besar. Karena Jepang sendiri merupakan salah satu daerah seismik yang paling aktif di dunia. Tercatat, sedikitnya Jepang menyumbang sekitar 20 persen dari gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia hingga saat ini.

Berikut beberapa gempa bumi yang pernah melanda Jepang sebelum gempa yang terjadi di wilayah Fukushima dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga:  Lazismu RSMB Kirim Bantuan ke Kabupaten Cianjur

1. Gempa Bumi Kanto

Pada tanggal 1 September 1923 silam, Jepang pernah dilanda gempa bumi yang cukup dahsyat dengan kekuatan 8,3 Magnitudi yang terjadi di wilayah Kanto tepatnya pulau Honsu.

Gempa bumi ini terjadi pada pukul 11.58 waktu setempat dalam kurun waktu 4-10 menit, yang menimbulkan kerusakan besar di wilayah Kanto meliputi Tokyo, Yokohama, serta prefektur di sekitarnya, yaitu Chiba, Kanagawa, dan Shizuoka.

Kekuatan dan intensitas gempa ini mungkin tidak terlalu signifikan, tetapi nyatanya dapat menggerakkan patung Buddha Raksasa seberat 93 ton di Kotoku-in, Kamakura, sejauh hampir 60 cm.

Diperkirakan ada 142.800 korban jiwa, termasuk sekitar 40.000 orang hilang yang dianggap tewas.

Baca Juga:  Story WhatsApp Bikin Meleleh Suasana Hati, Semuanya untuk Privasi Pengguna

2. Gempa Bumi Hanshin

Gempa bumi ini terjadi pada tanggal 17 Januari 1995, dengan kekuatan 7,3 Magnitudo. Gempa tersebut terjadi pada pukul 05.46 waktu setempat di bagian selatan Prefektur Hyogo.

Gempa ini diperkirakan terjadi selama 20 detik, dengan pusat gempa terletak 16 km di bawah episenternya, ujung utara Pulau Awaji, yang berjarak 20 km dari Kobe.

Diperkirakan sedikitnya 6.434 jiwa yang menjadi korban pada gempa tersebut.

3. Gempa Bumi Tohoku

Gempa bumi ini terjadi pada tanggal 11 Maret 2011, dengan kekuatan 9,1 Magnitudo dengan kedalaman 20 km. Pusat gempa dengan dorongan terkuat ini terjadi pukul 14.46 waktu setempat yang terletak di Semenanjung Oshika, pantai timur wilayah Tohoku.

Baca Juga:  4 Cara Membeli Buku Murah Berkualitas

Gempa ini adalah gempa terkuat yang pernah mengguncang Jepang dan salah satu yang terdahsyat di dunia sejak dimulainya aktivitas pencatatan gempa. Gempa tersebut diikuti tsunami dengan ketinggian mencapai 10 m yang menyebabkan kerusakan parah pada bangunan dan infrastruktur yang memicu bencana nuklir Fukushima Daiichi.

Diperkirankan korban tewas akibat Gempa dan Tsunami tersebut mencapai 15.894 jiwa.

4. Gempa Bumi Fukushima

Gempa bumi ini terjadi pada tanggal 22 November 2016, yang berkekuatan 6,9 Magnitudo dengan kedalaman 11,4 km. Tak ada korban jiwa dalam gempa bumi ini, hanya 15 orang yang mengalami luka-luka. Namun gempa tersebut menyebabkan sistem pendingin pada reaktor ketiga Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima II berhenti beroperasi selama 100 menit.

PMB UM Bandung